Share

Inilah Jawaban PT Garuda Soal Kisruh Pilot Asing

Hasan Kurniawan , Okezone · Kamis 14 Juli 2011 22:13 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 14 338 480038 rNiQurRU8A.jpg
A A A
TANGERANG- Akhirnya PT Garuda Indonesia memberikan jawaban atas kisruh "pilot asing" yang sempat menimbulkan kekacauan di tubuh maskapai penerbangan nomor satu di Indonesia itu.

Berikut jawaban PT Garuda Indonesia, kepada Okezone, yang disampaikan langsung  melalui Corporatte Communications PT Garuda Indonesia, Pujobroto. "Pilot Garuda saat ini sebanyak 897 penerbang, dan hanya 43 penerbang yang merupakan penerbang dengan status "pegawai kontrak" (termasuk pilot asing)," ujarnya, Kamis (14/7/2011).

Ditambahkan Pujo, pilot dengan status pegawai kontrak hanya bersifat sementara (paling lama satu tahun). Karena hanya bersifat "bridging" atau menunggu para penerbang Garuda yang sebagian mengikuti pendidikan untuk mendapatkan "commercial licence" atau "rating" (tipe pesawat) yang akan diterbangkan.

Menurut dia, hal itu sejalan dengan pengembangan bisnis yang dilaksanakan Garuda, agar menjadi airline yang mampu bersaing dalam industri penerbangan internasional. Terlebih, kata Pujo, dalam menghadapi Asean Open Sky 2015, saat ini Garuda terus mengembangkan armadanya, dan pada tahun 2015, jumlah armada Garuda akan mencapai 154 pesawat.

"Untuk memenuhi kebutuhan penerbang,  sejalan dengan kedatangan pesawat baru yang dipesan, Garuda telah melaksanakan kerja sama dan merekrut penerbang baru dari sekolah penerbangan PLP Curug dan Bali International Flight Academy," terangnya.

Sesuai dengan aturan perusahaan, Garuda menerapkan ketentuan kepegawaian bagi karyawan berstatus pegawai tetap, dan kontrak. Kepada para penerbang yang bekerja secara sementara diterapkan ketentuan kepegawaian sebagai karyawan kontrak yang tidak dapat diperbandingkan (secara langsung, atau apple to apple) dengan karyawan yang berstatus pegawai tetap.
 
"Saat ini sistem total reward bagi karyawan Garuda telah sesuai dengan harga pasar (close to market), dan para karyawan Garuda selain mendapatkan penghasilan," jelasnya. Mereka juga mendapatkan berbagai benefit lainnya seperti asuransi kesehatan, uang masa kerja, dan uang pensiun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ram)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini