Share

Rusia Tentang Aksi Barat Soal Suriah

Aulia Akbar , Okezone · Jum'at 19 Agustus 2011 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 19 414 494013 ZPSvVA6Kmc.jpg Foto : Demonstrasi Suriah (clatl)
A A A

MOSKOW - Rusia tidak mendukung Amerika Serikat (AS) dan Eropa yang mendesak agar Presiden Suriah Bashar Al Assad turun dari jabatan.

Rusia menyatakan, Presiden Assad butuh waktu untuk mengimplementasikan janji reformasinya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kami tidak mendukung seruan-seruan itu, dan kami yakin saat ini adalah saat yang tepat untuk memberikan kesempatan bagi Presiden Assad untuk merealisasikan reformasinya yang sudah dijanjikan," ujar Kementerian Luar Negeri Rusia, seperti dikutip Reuters, Jumat (19/8/2011).

Posisi Rusia saat ini tampak menentang Barat, yang sebelumnya melakukan tekanan terhadap Suriah karena adanya kekerasan yang dilakukan pasukan Suriah terhadap para demonstran di Suriah.

Pada Kamis lalu, Presiden AS Barack Obama dan Uni Eropa menuntut agar Presiden Assad menyerahkan kekuasaannya dan negara Barat akan menyiapkan sanksi baru terhadap Suriah.

Rusia yang memiliki hak veto dalam Dewan Keamanan PBB tidak mendukung resolusi terhadap Suriah, meski dirinya sempat mengkritisi kebijakan Suriah pada 3 Agustus lalu.

"Yang paling penting adalah apa yang sudah dinyatakan oleh Presiden Assad kemarin bahwa Suriah sudah menghentikan operasi militernya. Ini merupakan bukti, Presiden Assad dan Pemerintah Suriah akan melakukan reformasi," ujar Kementerian Luar Negeri Rusia.

Meski demikian, Duta Besar Inggris untuk PBB tidak yakin operasi militer di Suriah berhenti. PBB juga menyatakan Presiden Assad sudah menjadi tersangka penjahat perang karena menewaskan sekira 1.900 warga sipil.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini