Share
Jelang UN 2012

Siswa Cuci Kaki Guru dengan Air Kembang

Mukhtar Bagus , Sindo TV · Sabtu 14 April 2012 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 14 373 611596 vBwhB7Wrgu.jpg Ujian Nasional. (Dok : Koran Sindo)
A A A

NGANJUK - Ada-ada saja acara yang di gelar siswa SMA, agar sukses menghadapi Ujian Nasional (UN) 2012 yang akan ditempuhnya Senin 16 April pekan depan.

SMA Negeri  3 Nganjuk, Jawa Timur, menggelar acara sungkeman bagi para siswanya yang akan ikut UN pada para guru mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dengan penuh semangat, para siswa ini meminta restu dengan sungkem pada gurunya satu per satu, sambil membasuhkan air bunga ke kaki sang guru. Cara ini dilakukan sebagai bentuk hormat para siswa terhadap guru mereka yang selama ini mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan. Mereka juga meminta restu agar diberi kelancaran saat  mengerjakan soal-soal UN mendatang.

"Saat-saat mendekati UN seperti sekarang memang cukup mendebarkan. Kami berharap mendapat ketenangan,” ujar salah satu siswa, Rendi, di Nganjuk, Jawa Timur.

Sementara salah satu guru, Puji Astuti, mendukung penuh acara sungkeman ini. Tujuannya para siswa bisa menjalankan UN dengan baik tanpa halangan dan semoga mereka lebih percaya diri dalam menghadapi UN.

 

Tak hanya sekadar sungkeman, para siswa tersebut juga membasuh kaki gurunya dengan air kembang, sekaligus meminta maaf pada seluruh adik-adik kelasnya, layaknya ritual bermaaf-maafan saat Lebaran.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini