Share

Kencan Singkat dengan Proton Preve

Aditya Maulana, Okezone · Selasa 17 Juli 2012 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 17 423 664378 pQZWcqkgkb.jpg F : Test Drive Proton Preve di High Speed Test Track, Malaysia (Aditya M/Okezone)

KUALA LUMPUR – Selain mencoba performa Proton Exora Bold, jurnalis Indonesia juga diajak merasakan performa dan kenyamanan dari sedan anyar Proton Preve. Termasuk Okezone yang diberi diajak menjajal Preve di Proton High Speed Test Track, Shah Alam, Malaysia.

 

Sebelum merasakan Preve dari balik kemudi, Okezone menyempatkan diri merasakan kursi penumpang dengan duduk di baris kedua. Preve dikemudikan oleh instruktur Proton, dengan melibas satu lap test track yang memiliki sudut kemiringan 42 derajat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Duduk di kursi belakang, ruang kabin cukup lega untuk ukuran sedan medium. Jarak lutut dengan jok depan cukup jauh, begitu juga dengan head room yang lega. Jok sudah lapis kulit, dengan arm rest di bagian tengah. Dua titik safety belt demi menjaga keamanan penumpang belakang. Hembusan AC juga terasa merata ke baris kedua.

 

Proton Preve langsung digeber dengan kecepatan tinggi 160 km/jam. Kesenyapan kabin mendapat poin plus, dimana noise dari luar kendaraan mampu diredam dengan baik. Suspensi depan mobil sedan ini dilengkapi dengan MacPherson strut, sedangkan suspensi belakang multilink dengan stabilizer bar.

 

Puas merasakan menjadi penumpang dibelakang, Okezone berkesempatan duduk di belakang kemudi. Proton Preve sudah dilengkapi dengan tombol start-stop. Cukup dengan menginjak pedal rem, dan menekan tombol start, mesin akan langsung menyala.

 

Tanpa menunggu lama, Preve masuk ke HSTT dengan melibas putaran pertama. Okezone memulainya dengan menggeber di kecepatan 80 km/jam, buat pengenalan trek. Masuk di lap kedua, Preve yang dilengkapi dengan mesin 1,6 liter, langsung digeber sampai kecepatan 140 km/jam.

 

Mesin itu mampu memuntahkan tenaga 86 PS pada putaran mesin 5.000 rpm, dengan torsi 160 Nm pada 4.000 rpm. Kemudi rasanya cukup berat buat ukuran sedan, mengingatkan penguji pada varian Proton Neo CPS Sporty Edition. Instruktur menjelaskan ini untuk menambah kemampuan mobil untuk bermanuver.

 

Okezone beruntung merasakan varian Proton Preve Premium CVT. Mesin berkapasitas 1.600 cc plus turbo, dengan transmisi otomatis tujuh percepatan Protonic. Modal ini membuat Preve terasa seperti sedan dengan tenaga 2.0 liter. Tak terasa tiga lap dihabiskan dengan Preve Premium ini.

 

Preve dilengkapi dengan teknologi cruise control untuk menjaga kecepatan di jalan bebas hambatan dan menambah efesiensi bahan bakar. Ada juga fitur hiburan seperti CD/MP3 player, USB dan konektivitas iPad, dan sistem navigasi.

 

Rencananya, Proton Edar Indonesia akan membawa sedan terbarunya ini ke Tanah Air pada awal 2013 mendatang. Jadi, kita tunggu kehadiran sedan terbaru Proton yang akan meramaikan persaingan mobil sedan di Indonesia.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini