Share
Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Rektor Unpad Jamin Biaya Kuliah Tak Naik

Margaret Puspitarini , Okezone · Jum'at 22 Maret 2013 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 22 373 779973 3HAELH7bCT.jpg Rektor Unpad berdialog dengan perwakilan mahasiswa tentang UKT. (Foto: dok. Unpad)
A A A

JAKARTA - Penerapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN) mulai tahun akademik mendatang melahirkan kontroversi. Salah satu pihak yang menyuarakan pendapatnya paling awal tentu adalah mahasiswa yang terkena imbas langsung dari kebijakan tersebut.

Hal ini pula yang terjadi di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Penerapan UKT di Unpad pada tahun akademik 2013/2014, melahirkan sejumlah persepsi, di antaranya akan menaikkan biaya pendidikan yang dibebankan kepada setiap mahasiswa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tidak ingin permasalahan tersebut terus berlanjut, pihak rektorat pun melakukan diskusi dengan perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari tiap-tiap fakultas di Unpad. Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unpad Ganjar Kurnia menegaskan tidak akan ada kenaikan biaya kuliah dengan adanya UKT. "Pada dasarnya tidak ada kenaikan biaya kuliah," ujar Ganjar, seperti dilansir dari Unpad, Jumat (22/3/2013).

Ganjar menjamin, UKT tidak akan menaikkan biaya kuliah. Pemberlakukan UKT ini pun hanya ditujukan bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2013/2014. Sementara untuk mahasiswa angkatan sebelumnya, biaya kuliah tidak akan mengalami perubahan.

"Meskipun dana pengembangan tidak lagi dibayar sekaligus pada waktu masuk perkuliahan, tidak akan ada penurunan layanan dan fasilitas pendidikan. Layanan dan fasilitas yang ada minimal tetap sama, bahkan akan ditingkatkan lagi," tegasnya.

Menurut Ganjar, saat ini pemberlakuan UKT masih dalam tahap penggodokan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Salah satunya mengenai biaya pendidikan bagi mahasiswa yang telah melewati delapan semester.

"Kami masih menunggu keputusan Kemendikbud soal UKT, sehingga pemberlakuannya sendiri masih dalam rancangan. Termasuk soal biaya pendidikan bagi mahasiswa di semester sembilan," kata Ganjar.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini