Share

Napi Keluar Masuk Lapas, Menkum HAM Harus Tanggung Jawab

Tegar Arief Fadly , Okezone · Jum'at 10 Mei 2013 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 10 339 805197 L36uVbJQHX.jpg Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin (Foto: Dok Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Amir Syamsudin dinilai sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas banyaknya terpidana kasus korupsi yang sering keluar masuk lapas.

"Yang paling bertanggung jawab adalah menterinya. Seharusnya Menkum HAM telah mendata terpidana korupsi yang ditempatkan di LP. Dengan kejadian itu, maka Menkum HAM selaku pimpinan Kemenkum HAM jelas bersalah," kata Anggota Komisi III, Khotibul Umam saat dihubungi di Jakarta, Jumat (10/5/2013).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Oleh sebab itu, Khotibul berharap agar Menkumham bisa mempertanggungjawabkan hal tersebut ke publik, yakni dengan menyampaikan klarifikasi atas peristiwa tersebut, serta memberikan sanksi tegas terhadap petugas lapas yang terbukti membantu narapidana itu.

"Agar masyarakat percaya, Menkum HAM segera umumkan ke publik siapa saja terpindana korupsi yang tidur di rumah. Tapi juga harus diberi sanksi tegas kepada Kalapasnya karena izin keluar LP dari Kalapas," imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Fraksi Partai Demokrat itu juga menyayangkan sikap Wamenkum HAM Denny Indrayana yang mempertanyakan identitas dari narapidana korupsi yang diketahui sering keluar masuk rutan.

Sebab, menurutnya sudah menjadi tanggung jawab Kemenkum HAM untuk mengontrol dan mengawasi seluruh narapidana, termasuk disiplin kerja petugas lapas.

"Kok malah nanya dan minta KPK mengumumkan. KPK telah bekerja keras memberantas korupsi hingga menjebloskan ke penjara. Kalau sudah di LP, itu tugas dan tanggung jawab Kemenkumham mengawasi, mendata dan melarang terpidana keluar dengan seenaknya," tegasnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini