Share

Masak Pakai Mentega Dingin, Keliru!

Johan Sompotan, Okezone · Rabu 03 Juli 2013 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 03 304 831497 R1rSAVHt8W.jpg Masak pakai mentega dingin, bikin makanan tak punya rasa (Foto:landolakes)
A A A

PERNAHKAH Anda memakai mentega dingin dan hasil masakan tidak sesuai harapan? Ada yang salah dengan proses memasak Anda karena mentega dingin harus dihangatkan dahulu.

 

Mentega biasanya disimpan di kulkas agar lebih tahan lama. Yang perlu menjadi perhatian adalah saat Anda hendak menggunakannya. Mentega dingin harus dihangatkan dahulu alias disamakan suhunya dengan temperatur ruangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

"Masak menggunakan mentega yang masih dingin, sama saja Anda membuat makanan jadi hancur," kata Chef Degan saat berbincang dengan Okezone di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

 

Menurutnya, mentega sebaiknya didiamkan terlebih dahulu di luar kulkas supaya kandungan airnya bisa luruh. Pasalnya, ketika mentega dingin dimasukkan ke wajan lalu dipanaskan, maka kandungan airnya akan keluar dengan cepat bersama panas api.

 

“Yang terjadi adalah Anda tidak mendapatkan aroma mentega seperti yang diinginkan," imbuhnya. Padahal dengan mentega, aroma makanan diharapkan wangi.

 

Cara ‘menghangatkan’ mentega, adalah keluarkan dari kulkas lalu diamkan selama 5-7 menit. Chef Degan menegaskan, proses pendiaman mentega di luar kulkas harus dilakukan di tempat yang higienis.

 

"Mentega yang dikeluarkan dari kulkas akan keluar aromanya, otomatis akan memancing bakteri di sekitarnya. Ada baiknya tutupi mentega dengan penutup makanan," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini