Share
Wawancara Erick Thohir (2)

Thohir: Zanetti Enggak Aneh-Aneh

Gesit Prayogi , Okezone · Selasa 26 November 2013 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 26 419 902932 OHQUqDUPOo.jpg Erick Thohir dan Massimo Moratti.(foto:Alessandro Garofalo/Reuters)
A A A

Presiden Inter Milan Erick Thohir menjawab sejumlah pertanyaan wartawan ketika hadir di acara media gathering operator seluler, Tri, di Bandung, Selasa 26 November. Erick mengungkapkan kemungkinan Inter Milan untuk kembali tur ke Asia. Namun untuk tahun depan, Nerazzurri tipis peluangnya menyambangi Indonesia karena situasi politik pada 2014. Berikut wawancaranya:

 

 Apakah Inter Milan bakal anda bawa ke Indonesia lagi dalam tur akhir musim nanti?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Kami tur setiap tahun. Nanti apakah ke Amerika atau Asia, bisa saja. Kemarin kan ke Amerika. Tahun ini ( akhir musim) kemungkinan ke Asia. Tapi saya rasa Indonesia dengan situasi politik 2014, saya rasa susah. Izinnya, dan segala macamnya jadi susah. Mungkin ke Asia tapi tidak ke Indonesia.

 

Tapi kalau tidak salah Inter Forever, yang isinya pemain legenda Inter, akan ke sini awal tahun depan. Tapi, itu bukan saya yang bawa. Sudah lama rencananya, sebelum saya masuk, sudah ada pembicaraannya.

 

Punya rencana untuk mendirikan sekolah sepakbola Inter Milan di Indonesia?

 

Kemungkinan itu tidak tertutup. Tapi kami lagi pelajari bentuk sekolah apa yang cocok. Kan ada sekolah yang sukses dan gagal. Saya tidak mau sebut klub, ya. Makanya kami harus pelajari juga sekolah yang sukses.

 

Ini bagian strategi anda?

 

Pasti. (Erick kemudian bercerita soal dipilihnya dia menjadi presiden Inter)... seperti bagaimana saya jadi presiden Inter. Saya enggak tahu, enggak kebayang awalnya. Keputusannya saat itu, presidennya tetap keluarga Morrati, saya CEO-nya. Tapi pada menit-menit akhir, dia (Moratti) bilang, “Jangan kalau CEO dan presiden beda pendapat, enggak bagus buat klub. Lebih baik kamu saja.”

 

Itu jadi beban. Karena saya presiden klub Italia pertama yang orang asing. Dan namanya Erick Thohir, orang Indonesia, berarti enggak hanya bawa nama pribadi, bawa nama Indonesia juga. Jadi ada tekanan. Bukan takut, tapi beban itu membuat saya harus kerja keras, dan buktikan orang indonesia itu bagus. Iya dong.

 

Sejauh mana orang-orang Italia mengenal Indonesia?

 

Mereka tahu Indonesia, tapi mereka tidak mendalam seperti tahu Amerika atau Inggris. Ini bagus bagaimana hubungan kedua negara harus dimaksimalkan bukan hanya dari turisme, tapi sharing culture. Contoh topeng Venice salah satu yang top di dunia. Di sini juga banyak bikin topeng, jadi bisa dimanfaatkan, bagimana industri, atau ahli teknologi, ahli market saling belajar.

 

Ngomong-ngomong sudah akrab dengan pemain Inter?

 

Saya baru bertemu Zanetti. Ada fotonya kami ngobrol. Saya rasa dia contoh yang bagus untuk pemain muda tidak hanya di luar negeri tapi Indonesia. Di usia 40 tahun dia masih displin, masih latihan luar biasa. Pola makannya dijaga, tidak aneh-aneh, tidak clubbing, drugs, minuman keras. Dia disiplin, makanya 40 tahun masih bisa main seperti pemain 30 tahun.

 

Apa ada manfaat seperti berbagi keahlian dari Inter untuk persepakbolaan Indonesia?

 

Pasti. Ini kan baru empat atau lima hari, masih nguuuung..ha ha ha.. ("pusing".red). Pasti ada dong manfaatnya buat Indonesia. Selama Indonesianya terbuka. Contoh seperti tadi, Apakah pemainnya sendiri mau maju?

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini