Share
Advertisement

Ini Aplikasi Pengecek Heartbleed untuk Ponsel

Ramadhan Aditya , Jurnalis-Rabu 16 April 2014 10:58 WIB
Screenshot.
Screenshot.
A
A
A
CALIFORNIA - Ancaman Heartbleed di internet yang menggegerkan seluruh dunia dikatakan tak hanya berpengaruh pada situs internet di komputer saja, tapi juga bagi pengguna ponsel. Untuk mengantisipasi dampak Heartbleed pada perangkat mobile, sebuah aplikasi tersedia untuk diunduh.

Nama aplikasi ini adalah Heartbleed Detector, yakni aplikasi yang memungkinkan pengguna ponsel untuk melakukan pengecekan apakah ponselnya terkena dampak Heartbleed dan ada kemungkinan telah diretas atau tidak. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Lookout Mobile Security.

Cara kerja aplikasi ini awalnya akan memindai apakah ponsel Anda terdeteksi sebagai salah satu ponsel yang terkena dampak versi protokol OpenSSL atau tidak. Jika iya, aplikasi tersebut akan mengecek lagi apakah ada kerusakan sistem atau celah keamanan yang diakibatkan oleh Heartbleed. Jika tak ada, ponsel Anda baik-baik saja. Tapi jika ada, Anda harus segera mengunduh update keamanan terbaru dari Google untuk aplikasi yang sudah diunduh dan diinstalasi.

Perlu dicatat, aplikasi Heartbleed Detector ini bukanlah aplikasi penangkal ancaman Heartbleed seperti aplikasi anti-virus. Heartbleed Detector hanya bekerja untuk mengecek ponsel dan memberi tahu Anda apabila ada ancaman dari Heartbleed.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Google menginformasikan bahwa ponsel dengan sistem operasi Android 4.1.1 Jelly Bean ke atas bisa terinfeksi kerusakan sistem serta celah keamanan dari Heartbleed. Dan diperkirakan kebanyakn pengguna Android di seluruh dunia terancam terkena dampak Heartbleed. Demikian seperti dikutip PhoneArena, Rabu (16/4/2014).

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement