Share

Pesona Karang Bolong di Ujung Barat Jawa

Mutya Hanifah, Jurnalis · Kamis 17 April 2014 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 16 408 971520 c1JObxV6uQ.jpg Pantai Karang Bolong, Banten (Foto: Indonesia.Travel)

DI ujung barat Pulau Jawa, terdapat banyak pantai indah nan memesona dengan deburan ombak tinggi nan khas. Salah satunya adalah Pantai Karang Bolong di Banten.

Pantai Karang Bolong berada di Banten, sekira 50 kilometer dari Kota Serang, Jawa Barat. Pantai ini berada di jalur menuju Pantai Carita, tak jauh dari Anyer. Sesuai namanya, yaitu karang bolong, pantai ini memang memiliki sebuah tebing karang yang bolong di tengahnya, membuatnya unik dan berbeda dari pantai-pantai lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dulunya, Pantai Karang Bolong bernama Pantai Karang Suraga, nama seorang pertapa berilmu tinggi. Seiring perkembangannya, pantai ini berubah nama menjadi Pantai Karang Bolong karena memiliki tebing karang besar pada pantai yang bentuknya berlubang di tengah. 

Para ahli geologi memperkirakan bahwa lubang pada batu karang ini terjadi akibat terkikis air laut dalam kurun waktu yang lama. Akan tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa batu karang tersebut berlubang akibat dari letusan Gunung Krakatau tahun 1883, seperti dikutip dari laman IndonesiaTravel, Kamis (17/4/2014).

Pantai ini memiliki ombak yang tinggi, sehingga disarankan bila wisatawan ingin berenang. Biasanya wisatawan datang untuk berpiknik sambil menikmati pemandangan pantai di Karang Bolong. 

Anda juga bisa trekking menuju ke puncak karang. Anak tangga yang dinaiki sedikit sempit dan berkelok, namun pemandangan hijau pepohonan di sekitar anak tangga akan menjadikan pendakian Anda terasa ringan, mungkin inilah kekuatan dari sebuah keindahan. 

Mendekati akhir perjalanan, Anda akan sedikit menuruni anak tangga. Di sini terdapat tempat yang cukup lapang untuk menikmati pemandangan pantai dari atas karang. Dari atas karang ini, pemandangan spektakuler siap menyambut Anda. 

Untuk Menuju Pantai Karang Bolong, Anda dapat menempuh jalur melalui rute Jalan Tol Jakarta Merak-Cilegon Barat-Anyer-Karang Bolong. Dari Jakarta, Karang Bolong hanya berjarak 140 km atau 50 km dari Kota Serang. Karang Bolong bisa ditempuh kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini