Share

Ini Alasan Anda Perlu ke Spesialis THT

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Rabu 16 April 2014 12:22 WIB
$detail['images_title']
Cek kesehatan telinga (Foto: Healthmeup)

SEORANG spesialis THT ialah dokter yang mengkhususkan diri kemampuannya pada penyakit telinga, hidung, dan tenggorokan. Dia memberikan diagnosa yang lebih spesifik daripada dokter umum dalam mengobati masalah seperti tonsilitis, masalah pendengaran, dan suara serak.

 

Sementara itu, penyakit yang banyak dialami dari semua orang dibagi dua, yaitu yang suka dialami anak-anak dan dewasa. Pada anak-anak, keluhan yang biasa dirasakan ialah sakit telinga, gangguan pendengaran, hidung tersumbat, mendengkur, masalah bicara, sakit tenggorokan/tonsilitis, dan pendarahan hidung. Sedangkan pada dewasa, keluhan sekira berasal dari tonsilitis, masalah pendengaran, suara serak kronis, dan lain-lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nah, agar pengetahuan mengenai spesialis THT menjadi lengkap, di bawah ini ada alasan Anda perlu mendatangi spesialis THT, seperti dilansir Healthmeup.

 

• Spesialis THT pengetahuannya lebih mendetail mengenai subjek dan masalah, khususnya telinga, hidung, dan tenggorokan.

• Spesialis THT memiliki peralatan yang memadai untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan. Misalnya pada orang dewasa memakai media lilin di telinga, di mana ini prosedur sederhana yang pasti spesialis THT lakukan saat memberikan pengobatan.

•Bila anak mengalami musibah masuknya benda asing di telinga atau hidung, spesialis THT memiliki kemampuan dan peralatan untuk mengambil benda asing itu.

• Untuk masalah hidung, spesialis THT sekarang biasanya memakai endoskopi atau kamera endoskopi kecil untuk melihat ke dalam hidung. Hal ini semata demi mendapatkan diagnosa masalah secara akurat dan mendapat langkah pengobatan yang benar.

• Untuk masalah tenggorokan, seperti suara serak kronis, klinik THT dilengkapi dengan fleksibel laryngoscopes atau teleskop kaku 90 derajat untuk melihat masalah secara komprehensif dengan mudah dan efisiensi. Hal itu sendiri agar diagnosis yang ditegakkan dokter benar-benar akurat.

• Untuk keluhan pusing, seorang spesialis THT bisa dijadikan orang pertama yang dikunjungi. Karena mereka bisa mendiagnosa masalah tanpa kita harus melakukan pemeriksaan yang mahal.

• Untuk gangguan pendengaran terutama pada anak, seorang spesialis THT bersama dengan audiolog terlatih akan menilai pendengaran anak, mencari penyebabnya dan menawarkan solusi.

(tty)