Share

Deretan Manfaat Konsumsi Telur bagi Ibu Hamil

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 16 April 2014 11:15 WIB
$detail['images_title']
Ibu hamil (Foto: Google)

ASUPAN bergizi sangat penting dikonsumsi selama kehamilan untuk kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan. Di antara banyaknya makanan bergizi, ibu hamil tidak boleh lupa menyertakan telur dalam diet harian mereka. 
 

Hal ini karena telur memiliki banyak manfaat kesehatan bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut manfaat mengonsumsi telur selama kehamilan, sebagaimana dilansir Boldsky.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kaya protein

 

Telur kaya akan protein yang penting selama masa kehamilan. Setiap sel dari bayi yang sedang tumbuh terbuat dari protein, sehingga mengonsumsi telur dalam jumlah terbatas selama kehamilan baik untuk janin.

 

Perkembangan otak

 

Selain mengandung vitamin dan mineral, telur juga mengandung kolin dan asam lemak omega-3. Kolin dan asam lemak omega-3 mengembangkan kesehatan secara keseluruhan seperti pertumbuhan dan otak bayi. Hal ini juga berperan dalam mencegah cacat tabung saraf pada janin.

 

Jaga kadar kolesterol

 

Wanita hamil dengan kadar kolesterol normal dapat mengonsumsi satu atau dua telur setiap hari untuk memiliki diet seimbang yang rendah lemak jenuh. Sementara jika kadar kolesterol Anda tinggi, sebaiknya menghindari kuning telur.

 

Kalori

 

Wanita hamil harus makan 200 sampai 300 kalori tambahan setiap hari untuk menyehatkan tubuh mereka dan bayi. Sementara, telur mengandung sekitar 70 kalori yang sehat untuk memenuhi kebutuhan kalori sehari-hari.

 

Cara mengonsumsi telur

 

Jangan mengonsumsi telur mentah atau setengah matang ketika masa kehamilan karena meningkatkan risiko infeksi salmonella. Infeksi ini dapat menyebabkan persalinan prematur, kontraksi rahim, dehidrasi, diare dan muntah. Pilihlah telur yang direbus atau dimasak matang.

(tty)