Share

Begini Cara Agar Persalinan Lancar

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 16 April 2014 14:34 WIB
$detail['images_title']
Aktivitas ibu hamil (Foto: Google)

MENJALANI persalinan yang lancar merupakan impian dari semua ibu hamil. Selain menjaga kesehatan fisik, tentu harus ada beberapa hal yang harus dilakukan agar persalinan lancar.

 

Waktu persalinan yang normal menurut obstetri dan ginekologi Siloam Hospital Semanggi, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin SpOG, adalah 37 sampai 42 minggu. Jadi, persalinan yang terjadi pada usia sebelum 37 minggu bisa dikatakan prematur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Oleh karena itu, menurut dr. Ardiansjah wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk banyak bergerak untuk merangsang kontraksi. Untuk itu, ibu yang sedang memasuki usia kehamilan 37 minggu untuk banyak berjalan kaki.

 

“Wanita yang sedang memasuki usia kehamilan 37 minggu bisa berjalan kaki di sore hari, serta melakukan latihan pernapasan,” ujar dr. Ardiansjah pada diskusi media Soho Global Health bertema “Peran Oksitosin dalam Induksi Persalinan” di Royal Kuningan Hotel, Jakarta, Rabu (16/4/2014)

 

Selain itu, dr. Ardiansjah tidak menganjurkan ibu yang sedang memasuki usia kehamilan 9 bulan untuk cuti kerja. Menurutnya cuti kerja pada akhirnya membuat wanita hamil sering di rumah dan menjadi kurang bergerak.

 

“Ketika bekerja di kantor wanita hamil akan terus bergerak, tetapi bukan berarti harus aktivitas berat, bisa berjalan-jalan di ruangan kantor. Bagaimana bila terjadi kontraksi di kantor? Tidak masalah karena bisa langsung ke rumah sakit dari kantor,” imbuhnya.

 

Sementara, menurut dr. Ardiansjah ketika wanita hamil sering berada di rumah, maka dirinya akan cepat khawatir dan berpikir negatif terhadap persalinan. Hal ini karena dimungkinkan mereka memiliki banyak waktu untuk mencari informasi-informasi mengenai persalinan.

(tty)