Share

Agar Anak Tak Jadi Korban Pelecehan Seks

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Rabu 16 April 2014 11:56 WIB
$detail['images_title']
(Foto: RS Meilia)

PERKENALKAN saya Nisa, (35). Saya sangat prihatin dengan kasus tentang berita pelecehan seksual terhadap siswa yang masih sekolah di Taman Kanak-Kanak. Sebagai orangtua, tentu saja ada kekhawatiran hal itu bisa terjadi dengan anak saya. Apa yang harus dilakukan agar kejadian tersebut tidak terjadi dengan anak saya?
 

Jawaban:

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kembali kita dikejutkan oleh sebuah berita yang sangat memprihatinkan tentang pelecehan seksual yang dialami oleh seorang anak siswa sekolah Taman Kanak-Kanak dan yang lebih mengejutkan  lagi karena kejadian tersebut dilakukan di tempat yang kita anggap aman, yaitu sekolah. Tentu ini merupakan tugas bersama bagi orangtua, sekolah, polisi, pemerintah, dan unsur lain yang terkait.

 

Kita sangat berharap peristiwa seperti ini tidak terulang di masa mendatang, baik yang dilakukan oleh orang-orang yang sama jenis maupun yang berbeda jenis kelamin dengan korban. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah agar kejadian serupa tidak menimpa anak kita:

 

- Didiklah anak untuk bisa bersikap terbuka kepada orangtua. Biasakan orangtua untuk bertanya tentang pelajaran di sekolah, tentang teman-temannya dan lain-lain, sehingga anak terbiasa bercerita tentang kejadian-kejadian yang dialaminya.

 

- Ajari anak untuk berani berkata tidak, terutama bila tawaran atau ajakan untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma sosial yang telah diajarkan orangtua.

 

- Berikan penjelasan kepada anak agar anak menghargai tubuhnya. Sampaikan bahwa tak seorang pun yang berhak memegang bagian-bagian tubuhnya tanpa alasan.

 

- Bimbing anak agar menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri, tegas, dan tidak mudah dibujuk.

 

- Orangtua harus peka apabila menemui hal-hal yang tidak biasa atau perubahan perilaku yang terjadi pada anaknya

Semoga bermanfaat. Marilah kita tingkatkan kewaspadaan kita.

 

Salam

 

Dian Permatasari, M.Psi (Psikolog)

Psikolog Klinis Dewasa RS. Meilia Cibubur

(tty)