Share

Hutan "Pohon Batu", Tinggi Bisa Capai 30 Meter

Mutya Hanifah, Okezone · Rabu 16 April 2014 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 16 544 971456 im1OCQV2FQ.jpg Shilin Stone Forest, China (Foto: Wikimedia)
A A A

Shilin Stone Forest, China

Di China, ada suatu fenomena alam aneh yang tak banyak ditemukan di tempat lain. Ada hutan, bukannya ditumbuhi rimbunan pohon, melainkan batu!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal ini bisa Anda temui di Shilin Stone Forest.  Shilin Stone Forest adalah sekelompok formasi batu kapur yang spektakuler. Objek wisata ini berada di Shilin Yi, Provinsi Yunan, China. Batuan tinggi berbagai ukuran ini tersusun rapi layaknya stalagmit. Tak heran jika tempat ini dijuluki hutan karena tatanannya tampak seperti pohon membatu sehingga menciptakan ilusi hutan.

Di tempat ini terdapat bebatuan yang usianya bahkan lebih dari 270 juta tahun. Bebatuan ini sudah melewati proses geologi dan erosi sehingga bentuknya tampak seperti saat ini. Formasi yang banyak ditemukan dikenal sebagai karst, sebuah istilah Jerman untuk bebatuan yang pertama kali diselidiki di Slovenia. 

Hutan batu ini merupakan bagian dari wilayah China Selatan. Salah satu batu tertinggi yang ada di sini bahkan mencapai ketinggian 30 meter. Seluruh bebatuan ini membentang di Yunnan seluas setengah juta kilometer persegi. Walaupun tidak teratur, susunan bebatuan ini menyuguhkan pemandangan yang indah. Bahkan, beragam jenis bentuk batu dan warna yang ada di tempat ini menjadikannya mendapat julukan Museum of Stone Forest Karst.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini