Share

Kenal Lebih Dekat Sekolah Pencetak Top Scorer UN

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Rabu 16 April 2014 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 16 560 971163 ps8J0GDyyh.jpg SMAN 4 Denpasar mencetak banyak siswa peraih nilai UN tinggi tingkat nasional. (Foto: SMAN 4 Denpasar)
A A A

JAKARTA - Tahun lalu, siswi SMAN 4 Denpasar, Bali, Ni Kadek Vani Aapriyanti mendapat predikat peraih nilai UN tertinggi se-Indonesia. Selain Vani, empat pelajar sekolah ini juga masuk dalam 12 besar peraih nilai UN tinggi nasional. Bahkan, SMAN 4 Denpasar, Bali, juga ditahbiskan di posisi puncak sekolah dengan nilai rata-rata UN tertinggi.

Keren, ya? Daripada sekadar mengagumi, yuk, kenalan dengan sekolah pencetak siswa unggulan dalam UN ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sekolah yang terletak di Jalan Gunung Rinjani, Monang Maning, Denpasar ini mengusung visi misi "Cerdas Spiritual, Cerdas Emosional, Cerdas Intelektual, Berbasis Lingkungan dan Budaya". Sejak lama, SMAN 4 ini terkenal dengan berbagai prestasi siswanya, baik dalam bidang akademis maupun non-akademis dan di tingkat nasional maupun dunia.

Mereka langganan menjadi juara dalam olimpiade fisika, biologi dan matematika tingkat internasional. Siswa SMAN 4 Denpasar juga kerap meraih prestasi dalam berbagai lomba karya tulis dan debat bahasa Inggris yang melibatkan banyak negara. Bahkan, para guru di sekolah ini juga turut mencatatkan prestasi sebagai guru teladan di Provinsi Bali dan guru berprestasi di Kota Denpasar selama bertahun-tahun.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah ini mengedepankan kompetensi siswa. SMAN 4 Denpasar juga mengintegrasikan kurikulum Cambridge dengan kurikulum yang mereka gunakan. Sehingga, ketika lulus, para siswanya memiliki kompetensi untuk bersaing dengan lulusan dunia.

Tidak hanya itu, untuk mendukung minat dan bakat siswanya, sekolah menyiapkan berbagai klub yang dapat mereka tekuni. Siswa dapat memilih klub Komputer, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi dan Astronomi. Dari klub-klub inilah lahir para jawara sains yang mengharumkan nama SMAN 4 Denpasar di tingkat nasional, regional maupun internasional.

Sementara dalam hal ujian nasional (UN), sekolah juga punya cara tersendiri dalam menyiapkan siswa mereka. Setiap siswa mengikuti klub UN. Klub ini mengumpulkan murid-murid yang meraih nilai tinggi pada mata pelajaran yang diujikan dalam UN. Usai jam sekolah, mereka berkumpul untuk mendalami materi ujian bersama guru.

Selain siswa bernilai tinggi, klub UN di SMAN 4 Denpasar juga mengumpulkan siswa-siswa dengan prestasi akademik yang tidak menonjol. Mereka juga mendapatkan pendalaman materi, tetapi pada jadwal berbeda. Perlakuan guru terhadap kelompok ini juga tidak sama dengan kelompok siswa pintar.

Enggak heran, SMAN 4 Denpasar mampu selalu menyabet prestasi dalam UN. Tidak hanya nilai-rata tinggi, tetapi juga jumlah siswa terbanyak yang meraih nilai UN tinggi secara nasional.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini