Share

Ritual Agar Lulus UN Sah Saja, Tapi...

Ade Hapsari Lestarini , Okezone · Rabu 16 April 2014 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 16 560 971342 EUYNbAaoO5.jpg Ilustrasi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)
A A A

JAKARTA - Banyak siswa sekolah mengikuti ritual tertentu agar lulus ujian nasional (UN). Padahal, hanya dengan keyakinan dan belajar sungguh-sungguh lah mereka bisa lulus dengan nilai terbaik. Tapi, perlu enggak sih kita ikut "ritual" sebelum UN?

"Dari struktur aktivitas, ini bagian dari membangun keyakinan mereka. Namun kalau bicara aturan dalam agama, ini akan bertentangan, tentang nilainya seperti apa," tegas seorang motivator, Arif Dahsyat, saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal ini, menurut dia, bisa benar dan bisa salah. Dalam artian, bisa salah apabila ritual itu justru membuat mereka menjadi semakin enggak yakin sama apa yang mereka cita-citakan.

"Jangan-jangan karena mereka melakukan itu, jadi mereka enggak yakin, kepada Tuhan mereka, kalau dilihat dari aktivitas itu kurang tepat," papar dia.

Melihat fenomena ini, dirinya pun lebih menyarankan kepada para siswa untuk melakukan hal-hal yang lebih masuk akal. Serta tetap berusaha dan berlatih.

"Cari tempat bertanya secara teknis, dan kembali berdoa. Artinya kita harus berusaha maksimal dan ikhtiar dijaga. Mungkin ini akan sukses, tapi kalau enggak berkah kan enggak asyik," pungkas dia.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini