Share

BKPM Berhasil Bujuk Korsel Investasi Rp107,23 T

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone · Kamis 17 April 2014 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 17 20 971906 VoZhN5WT7l.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Dalam rangka promosi investasi Indonesia Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berkunjung ke Korea Selatan (Korsel), 18-20 Maret lalu, untuk menyampaikan kondisi terkini perekonomian Indonesia melalui One on one Meeting dengan lembaga pemerintah dan sejumlah pemimpin perusahaan terkemuka negara tersebut.

Kepala BKPM Mahendra Siregar mengatakan, dalam pertemuan dengan Menteri Perdagangan, Industri dan Energi Korsel, Kepala BKPM Mahendra Siregar menyampaikan beberapa tahapan dalam pembahasan perjanjian kerjasama bilateral Indonesia-Korea Comprehensive Economic Patnership Agreement telah dapat diselesaikan. Mahendra juga berharap Pemerintah Korsel tetap mendorong peningkatan investasi Korsel di Indonesia.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sedangkan dalam pertemuan dengan pimpinan perusahaan terkemuka Korsel, Kepala BKPM menerima penyampaian sejumlah pimpinan perusahaan (CEO) yang berminat untuk melakukan investasi di Indonesia.

CEO LG International Corporation dan CEO Lotte Group misalnya, menyampai komitmen untuk terus meningkatkan investasinya di Indonesia di bidang industri petrokimia, dan rencananya Lotte Group menentukan lokasinya di Kawasan Industri Krakatau Industrial Estat di Cilegon.

Samtan Group, menyampaikan rencana pengembangan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit di Kalimantan, dengan rencana total investasi sebesar USD815 juta dalam empat tahun ke depan.

Adapun Chairman Korea Chamber of Commerce and Industry, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap terobosan Pemerintah Indonesia, satu-satunya di dunia, yaitu memberikan Visa on ArrivalĀ  di dalam pesawat sehingga memudahkan pengusaha Korsel melakukan bisnis ke Indonesia.

Mahendra berjanji akan terus mengawal dan memfasilitasi, termasuk dalam penyelesaian isu-isu yang dihadapi dalam merealisasikan rencana para pengusaha terkemuka Korsel itu. Sedangkan untuk mempercepat realisasi investasi Lotte Chemical di industri petrokimia di Cilegon, akan dibentuk Tim Kerja Lintas Kementerian.

Rangkaian kegiatan kunjungan kerja Kepala BKPM Mahendra Siregar itu telah berhasil menarik minat investor Korsel untuk berinvestasi atau memperluas investasinya di Indonesia tetap tinggi, yang diindikasikan dari rencana investasi baru dan perluasan kurang lebih senilai USD9,39 miliar atau Rp107,23 triliun, dengan kurs Rp11.420 per USD di kawasan industri di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini