Share

Sir Alex Ferguson Jual Wine Rp57,20 Miliar

Rizkie Fauzian , Okezone · Jum'at 18 April 2014 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 17 213 972016 RhVzJ9QOwR.jpg
A A A

JAKARTA - Mantan bos klub sepakbola Manchester United, Sir Alex Ferguson melelang ribuan vintage wine miliknya. Adapun nilai wine tersebut adalah sekira 3 juta pounsterling atau USD5 juta atau setara Rp57,20 Miliar (Kurs Rp11.440)

Koleksi Alex tersebut hampir berjumlah 5.000 botol yang dikumpulkannya selama menjadi manager grup sepakbola tersebut. Koleksinya akan dilelang pada Mei di Hong Kong, dan bulan berikutnya di rumah pelelangan Cristie di London.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Yang terpenting saat mengumpulkan anggur adalah itu sebagai pengalihan perhatian, selain itu memberikan saya keseimbangan dalam hidup dan membantu saya saat harus berurusan dengan intensitas dan tuntutan selama menjadi manajer Manchester United," kata Ferguson seperti dilansir CNBC, Jumat (17/4/2014).

"Dalam pensiun, sekarang ini saya punya waktu untuk mengunjungi tempat-tempat dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama, jadi saya merasa itu masuk akal untuk melepaskan sejumlah koleksi botol anggur yang dikumpulkan selama bertahun-tahun," lanjutnya.

Wine yang menjadi koleksinya termasuk Domaine de la Romanee-Conti Burgundies dan begitu banyak koleksinya dari Finest First Growth Bordeuax dari tahun 1986-2011, dan periode dimana Ferguson masih menjadi bos Manchester United.

Seperti diketahui, Ferguson mengundurkan diri sebagai manajer klub sepak bola tahun lalu dan digantikan oleh David Moyes, namun dirinya dianggap sebagai manajer Inggris yang paling sukses sepanjang masa karena berhasil memenangkan lebih dari 20 piala.

"Sungguh luar biasa melihat bakat Sir Alex yang memetik pemain berkualitas untuk lapangan juga meluas ke memetik anggur untuk ruang bawah tanahnya," kata head of wine Christie, David Elswood.

Ferguson pertama kali tertarik mengumpulkan wine sejak perjalanan ke Montpellier Perancis pada 1991. Awalnya dia meminta kepada pemilik hotel tempatnya menginap untuk membeli wine.

Antusiasme mengumpulkan wine terus tumbuh dan dia berhasil mengumpulkan jenis wine di seluruh dunia. Salah satu anggur dalam koleksinya adalah Domaine de la Romanée-Conti Burgundy tahun 1999.

Pada 1999, Ferguson memenangkan "Treble", Piala FA dan Liga Champions Liga Utama Inggris, sebuah prestasi yang tidak dapat diraih oleh tim Inggris lainnya.

"Itu adalah waktu terbesar dalam hidup saya, bila ada yang bertanya saat terbaik dalam hidup sebagai seorang manajer, maka akan saya jawab di 1999," tutur Ferguson dalam sebuah wawancara dengan Christie.

Wine koleksinya, memiliki harga berkisar 350 poundsterling sampai 65.000 poundsterling. Tapi tidak semua manajer sepakbola memiliki pengetahuan seperti kemampuan Ferguson.

"Mancini (Manajer Galatasaray) selalu membawa botol Sassicaia, dia tahu anggur. Arsene (manajer Arsenal) memiliki beberapa anggur yang layak. Chelsea yang tidak memiliki. Aku harus memberi mereka, mengingatkan mereka bahwa mereka harus memiliki anggur yang lebih baik," jelas Ferguson.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini