Share

Kejar Mimpi, Sukses Didapat

Kamis 17 April 2014 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 17 285 971695 09UR5FvfEH.jpg
A A A

Judul : MotivAction: Mimpi atau Mati!

Penulis : Iwel Sastra

No. ISBN : 978-602-7816-35-0

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Penerbit : Noura Books

Tanggal terbit : Cetakan I, Mei 2013

Jumlah Halaman : xviii + 322

Dimensi(L x P) : 14 x 21 cm

Kategori : Motivasi

Harga : Rp54.000

“Lentera jiwa takkan pernah redup bila kita sendiri tak menghendakinya.  Meskipun sumbunya kecil, nyalanya bisa menerangi kegelapan, menunjukkan kebahagiaan ke berbagai penjuru kalau kita mau menyalakannya.” ~Prof. Rhenald Kasali, Ph.D.

Iwel Sastra, pemilik nama lengkap Welnaldi Sastra yang lebih dikenal sebagai komedian (stand up comedian) dan pembawa acara (MC) kini meluncurkan sebuah buku motivasi kisah hikmah perjalanan kariernya, ditulis dengan sudut yang berbeda: “jenaka” dan bahasa canda yang mengena namun tetap sarat inspirasi.

Tak banyak anak-anak yang mengimpikan menjadi pelawak.  Jika ditanya ingin menjadi apa  saat besar nanti, sebagian besar kita akan berteriak lantang: “dokter”, “insiyur”, atau “pilot”, bahkan “presiden”.  Lain hal dengan Iwel, menjadi pelawak adalah cita-citanya sejak sekolah dasar.  Jakarta adalah kota pilihan untuk mengejar impian tersebut. Maka selepas SMP ia meninggalkan kota kelahirannya, Padang,  untuk menggapai apa yang ia cita-citakan tersebut.  

Pelawak seperti juga karier profesi lainnya. Seseorang harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai mimpinya. Karena tidaklah mudah untuk mendapatkan apa yang diinginkan; harus ada perjuangan dan pengorbanan.

Kisah inspirasi ini terbagi ke dalam lima bagian bab: Action, Memasarkan Diri, Langkah-langkah Ringan, Faktor XYZ, dan Bonus Track.

Action. Apa yang kita inginkan tidak terwujud karena persoalannya bukan kita tidak mampu mewujudkannya, melainkan karena kita tidak mau mewujudkannya. Penulis menyadari bahwa keinginannya untuk menulis buku sudah sangat lama sekali. Terinspirasi buku “Seinlanguage” karya Jerry Seinfeld yang diberikan oleh salah seorang sahabat tahun 2004, namun setelah 9 tahun kemudian tetap saja keinginan menulis itu belum bisa terwujud, karena ia tidak pernah action (hal 1-5). 

Memasarkan Diri. Untuk bisa sukses: karier dan bisnis, maka “menjual diri” adalah strategi jitu agar bisa terus bergerak.  Menjual diri dimaksud adalah mengenalkan diri kepada banyak orang agar mereka tahu bahwa kita memiliki potensi (hal 73).  

Iwel menyadarkan pentingnya memasarkan diri, dengan membangun personal branding yang kuat, dicontohkan ketika suatu kali ia membuka acara dengan musik rap, dan tanpa disadari ada seorang produser rekaman yang terkesan lalu menawarkan untuk rekaman. Karena Iwel ingin tetap dikenal sebagai pelawak, maka tawaran tersebut ditolak.  Ia berkilah tetap ingin dikenal sebagai pelawak saja: Pelawak yang bisa ngerap (hal 89-90).

Langkah-langkah Ringan. Perjalanan mengapai mimpi terasa tidak terlalu berat jika kita meminjam semangat orang lain yang telah sukses.  Kisah sukses orang lain yang dipelajari dapat meringankan langkah kita (hal 148), untuk itu masuklah ke dalam komunitas yang tepat dan relevan dengan karier yang diimpikan dan temukan rekan bisnis dalam komunitas tersebut (hal 160). Juga, diperlukan mentor yang bisa memberikan masukan-masukan positif untuk pengembangan karier ke depan (hal 175).

Faktor XYZ. Untuk berhasil, seseorang harus memperhatikan faktor-faktor di laur kendalinya. Seperti faktor X, yaitu faktor keberutungan dan momentum (hal 217). Lalu faktor “YZ”-nya apa? Nah, penulis menekankan juga perlunya dukungan orangtua dalam menggapai mimpi; dan juga menyarankan untuk menikah agar pintu rezeki dapat terbuka (hal 227-230).

Bagian bab terakhir yaitu  Bonus Track. Apa yang dimaksud bonus track? Penulis menyebutnya “jalan langit”, yaitu berhubugan dengan spritualitas kita sebagai manusia. Spritualitas ini tidak bisa dilepaskan sebagai salah satu jalan menuju kesuksesan (hal 253).

Buku MotivAction ini inspiratif.  Meminjam pendapat Aviani Malik dalam testimoninya, “Iwel mengajak kita bermimpi dan memulai langkah kecil sampai akhirnya menjadi loncatan besar.  Kuncinya, Action!”

Peresensi: Antoni Ludfi Arifin

Penulis Buku Be A Reader: Mendulang Aksara, Meraih Makna

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini