Share

Buru Karier Baru Saat Masih Bekerja

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Kamis 17 April 2014 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 17 370 971725 2PDQvWgf6D.jpg Ilustrasi: Yahoo
A A A

JAKARTA - Mencari lowongan pekerjaan ketika sudah bekerja bukan hal tabu. Wajar saja jika Anda ingin mencoba tantangan dan mencari pengalaman baru di tempat lain.

Anda mungkin ini menjaga proses pencarian kerja ini sebagai rahasia. Meski demikian, Anda harus punya strategi tersendiri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jujur

Jika Anda bahagia dan puas dengan perusahaan tempat Anda bekerja, sampaikan hal ini kepada atasan Anda. Jika Anda bosan dengan posisi kerja yang saat ini Anda tempati, tanyakan ke mereka apakah ada hal baru yang bisa Anda coba. Jika gaji Anda kecil dibandingkan kolega di industri Anda, sampaikan ke atasan. Jangan keluar dari kantor tanpa menyampaikan apa yang Anda rasakan secara jujur.

Lihat internal

Jika perusahaan Anda cukup besar dan menampilkan lowongan pekerjaan untuk internal karyawan, cari posisiĀ  yang cocok dengan kebutuhan Anda. Dengan asumsi catatan kinerja Anda baik, maka Anda akan lebih mudah meyakinkan atasan untuk mempekerjakan Anda ketimbang orang baru. Demikian dinukil dari Yahoo!, Kamis (17/4/2014).

Boleh rahasia, tapi jangan berbohong

Jika Anda harus menghadiri sesi interview kerja di hari kerja, ambil cuti atau lakukan saat jam makan siang. Jika atasan Anda mendapat telepon dari perusahaan yang Anda lamar, beritahu mereka bahwa Anda selalu mempertimbangkan kenaikan jenjang karier. Berbohong hanya akan membuat hubungan Anda dengan si bos buruk.

Ubah pengaturan LinkedInĀ 

Jika Anda menggunakan LinkedIn, bukan tidak mungkin Anda memiliki rekan kerja dan atasan dalam jaringan Anda. Ketika mencari kerja, sebaiknya Anda mengubah pengaturan privasi dan mematikan notifikasi semua aktivitas Anda.

Sosial media

Jangan gembar-gembor di media sosial tentang Anda sedang mencari kerja. Kemudian, pastikan teman-teman Anda tidak menuliskan komentar penyemangat tentang pencarian kerja Anda.

Resume

Resume alias curriculum vitae (CV), terutama jika menggunakan situs pencari kerja, harus ditulis dengan terbatas. Jangan menuliskan detil pekerjaan dan perusahaan Anda saat ini. Misalnya, cukup katakan "perusahaan bioteknologi besar multinasional."

Ketika menuliskan informasi kontak, cukup tuliskan nama kota. Lalu, gunakan alamat email yang tidak mengandung nama Anda dan jangan gunakan alamat email kantor saat ini.

Terbuka pada interview

Manajer HRD sangat memahami bahwa proses rekrutmen adalah rahasia. Jika mereka meminta referensi dari atasan Anda saat ini, jelaskan bahwa Anda bersedia memberikan referensi dengan catatan bahwa tawaran tersebut dapat Anda batalkan.

Jangan serius menanggapi tawaran balik perusahaan

Jika perusahaan Anda menawari tawaran balik, sebaiknya Anda tidak menanggapinya. Sering kali, perusahaan menjanjikan kenaikan gaji ketika mereka mengetahui Anda berencana mengundurkan diri. Saran para ahli, jika Anda menerima sebuah tawaran kerja, sebaiknya Anda tidak menolaknya hanya karena perusahaan mengajukan tawaran balik yang terlihat menggiurkan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini