Share

Tarif Objek Wisata Alam Naik Cegah Mass Tourism

Mutya Hanifah, Okezone · Kamis 17 April 2014 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 17 407 972013 gNjiFSU0Lh.jpg Gunung Bromo, Jawa Timur (Foto: Mutya/Okezone)
A A A

JAKARTA - Rencana tarif wisata alam yang akan naik tak lama lagi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa implementasinya perlu dilakukan. Tujuannya tak lain menjaga kelestarian objek wisata alam itu sendiri.

Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, Esthy Reko Astuti, mengatakan bahwa taman nasional atau objek wisata alam seharusnya bukanlah destinasi yang bisa dikunjungi sembarangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tarif taman nasional yang akan naik Mei mendatang dianggap wisatawan terlalu mahal dan mencekik. Esthy mengajak wisatawan untuk melihat sisi positif dari aturan tersebut.

"Taman nasional itu kan wilayah yang dilindungi, bukan destinasi wisata massal. Adanya tarif ini juga untuk mengontrol dan menjaga hal tersebut," katanya kepada Okezone, saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Biaya tersebut selain bisa digunakan untuk menjaga kelestarian dan pengelolaan taman nasional, juga menjaganya tidak dikunjungi wisatawan secara massal.

"Pihak Kemenparekraf belum ada dialog lagi dengan Kemenhut, tapi kami yakin kenaikan tarif ini untuk yang terbaik," tukasnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini