Share

Rogoh Rp1 T, Pemprov DKI Beli Lahan untuk Ruang Hijau

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Kamis 17 April 2014 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 17 471 971861 maDAtUSaaI.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di DKI Jakarta masih dikategorikan jauh di bawah target sekarang ini. Tercatat, jumlah RTH di Jakarta hanya 10 persen. Padahal idelanya Jakarta harus mempunyai RTH sebesar 30 persen.

Deputi Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Sarwo Handayani menyebut untuk mencapai target 30 persen ini, pemerintah telah menganggarkan dana sekitar Rp1 triliun pada 2014.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kita sudah beli lahan sampai 20 hektare (ha) di Jakarta. Nilainya sekitar Rp1 triliun," ucapnya kepada Okezone disela-sela acara Design Week yang diselenggarakan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di Jakarta Convention Centre, Kamis (17/4/2014).

Menurutnya, langkah-langkah sejauh ini yang dilakukan oleh pemerintah adalah menggandeng sejumlah pengembang untuk melaksanakan kewajibannya.

"Seperti dengan membangun fasilitas umum dan fasilitas sosial," ucapnya.

"Targetnya 2030 target 30 persen RTH di seluruh Jakarta ini dapat tercapai," tandasnya.

Sementara itu menurut arsitek Cosmas Gazali mengakui keberadaan RTH ini juga sangat dibutuhkan agar Jakarta bisa menjadi kota layak huni.

"Orang kalau mencari hiburan tidak harus ke mal-mal. Jika taman-taman di Jakarta diperbanyak, tentunya akan membuat suasana Jakarta menjadi sejuk. Dengan begitu akan berpengaruh pada menurunnya keagresifan masyarakat dan tentunya akan menurunkan potensi kejahatan," ucapnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini