Share

Industri Keramik Simpan Potensi untuk Dikembangkan

Hendra Kusuma , Okezone · Kamis 17 April 2014 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 17 471 971907 rJhhl6YpjI.jpeg (Foto: Yabdoo)
A A A

JAKARTA - Perkembangan produk keramik seperti tile, tableware, sanitary maupun keramik hias telah memberikan hasil yang menggembirakan baik dilihat dari sisi kapasitas, perolehan devisa mapupun penyerapan tenaga kerja.

"Industri keramik nasional telah mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, dan masih berpeluang untuk dikembangkan," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hidayat memaparkan, jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, serta prospek properti dan konstruksi yang diperkirakan akan terus berkembang pada tahun-tahun mendatang, menandakan akan terbukanya peluang pasar yang perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Tidak hanya itu, potensi bahan baku di dalam negeri yang melimpah dan belum dimanfaatkan secara optimal juga merupakan peluang yang baik untuk meningkatkan daya saing produk.

Hidayat melanjutkan, industri keramik nasional juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan produsen keramik negara lain, yaitu tersedianya deposit tambang sebagai bahan baku keramik yang cukup besar yang tersebar di berbagai negara seperti ball clay, feldspar dan zicron maupun energi gas sebagai bahan bakar proses produksi.

Dia pun menilai, perusahaan keramik telah memanfaatkan peluang ini untuk melakukan perluasan baik untuk keramik tile maupun tableware.

"Pemerintah akan terus berupaya untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif agar dunia usaha tetap bergairah melakukan investasinya di Indonesia," pungkasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini