Share

Ini Sebabnya Orang Mudah Kena Sariawan

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Kamis 17 April 2014 06:57 WIB
$detail['images_title']
Cek kesehatan mulut & gigi (Foto: Google)

BANYAK hal yang menyebabkan seseorang bisa kena sariawan. Mulai dari faktor gen sampai dari efek buruk dari gaya hidup yang dijalaninya.
 

Hal itu seperti diutarakan Dr. Harum Sasanti drg, Sp. PM dari Departemen Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dia menjelaskan, banyak penyebab sampai seseorang sampai bisa mengalami sariawan, pertama ialah faktor genetika. Bila seseorang sudah memiliki faktor ini, sudah pasti jadi lebih mudah terkena sariawan.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Maksud dari genetik ini, jika orangtua Anda sering mengalami sariawan, berarti anaknya atau Anda sendiri ada bakat mudah terkena sariawan nantinya. Umumnya, sariawan akan muncul sejak usia muda atau remaja pada anak yang memiliki gen. Singkatnya, pengertian genetik ini adalah simpanan bawaan yang akan membuat dia mudah terkena sariawan," tuturnya dalam acara bertema  "Jangan Anggap Remeh Sariawan" di The Cone F(X), Senayan, Jakarta, Rabu, 16 April 2014.

 

Selain itu, kata dia, faktor yang kerap membuat seseorang mengalami sariawan ialah kelelahan, hormonal, anemia, alergi, gangguan imunitas, defisiensi nutrisi atau vitamin, stres dan trauma, serta gangguan pencernaan.

 

"Faktor hormonal ini biasanya terjadi pada wanita, yaitu saat datang masa haid di mana hormon dalam tubuhnya meningkat. Ataupun saat masa haid mengeluarkan banyak darah, sehingga anemia pun muncul dan wanita pada akhirnya rentan mengalami sariawan. Apalagi bila wanita itu memiliki gen atau daya tahan tubuh terganggu, hal itu juga bisa makin memperbesar peluang wanita mengalami sariawan," terangnya.

 

Sementara itu, kata dia, mengenai anggapan orang bahwa luka karena sikat gigi bisa membuat seseorang sariawan, hal itu merupakan kekeliruan. Sariawan akibat gusi berdarah bisa terjadi karena memang mungkin momennya pas saat daya tahan tubuh tak bagus ataupun kekurangan nutrisi dan faktor lainnya.

 

“Jadi, sariawan yang mencul karena sikat gigi itu penyebab utamanya buka dari sikat gigi. Sikat gigi hanyalah pemicunya saja dari kondisi tubuh seseorang yang sebenarnya memang sudah riskan mengalami sariawan,” tutupnya.

(tty)