Share

Panas Dalam, Apa Sih Sebabnya?

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Kamis 17 April 2014 19:46 WIB
$detail['images_title']
Panas dalam, (Foto: Corbis)

KURANG lebih, penyebab dari panas dalam itu sama seperti penyebab dari sariawan. Mulai dari gen, daya tahan tubuh menurun, dan pola makan tak sehat. Jadi, pengobatannya pun sama, yaitu bisa dimulai dengan menjalani gaya hidup sehat, dari makanan sampai kebiasan-kebiasaan keseharian.

Demikian seperti yang diungkap Dr. Abrijanto SB, dokter umum dan  herbal di Klinik Icon BSD, Tangerang. Dia menerangkan bahwa orang yang mengalami panas dalam disebabkan beberapa faktor dan penyebab itu hampir sama dengan penyebab dari sariawan, misalnya genetik, sisitem umum, terlalu capek, dan stres.  

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Gen atau faktor keturunan, seperti pada penyebab sariawan, saat seseorang memiliki gen dari kedua orangtuanya, si anak akan mudah mengalami panas dalam," katanya dalam acara bertema "Jangan Anggap Remeh Sariawan" di The Cone F(X), Senayan, Jakarta, Rabu, 16 April 2014.

 

Tak hanya itu, lanjut dia, faktor defisiensi vitamin C, hormon tak seimbang, makanan tak sehat, trauma, kurang minum dan infeksi jamur, juga berperan sampai orang bisa mengalami pada panas dalam.

 

"Infeksi jamur atau bakteri pada mukosa inilah yang pada akhirnya membuat seseorang jadi sariawan. Sementara makanan tak sehat seperti duren, makanan pedas, dan sate kambing yang membuat perut ataupun tenggorokan tak enak, terangnya.

(tty)