Share

Enaknya Steak Buatan Sendiri

Genie, Genie · Jum'at 18 April 2014 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 18 304 972261 a2gXenKd6W.jpg (Foto: prosofsky)
A A A
STEAK yang disuguhkan di restoran biasanya tidak mengecewakan. Sausnya kental dengan rasa menggoda, juga daging yang dipanggang sesuai pesanan. Anda juga bisa menghadirkan kelezatan steak ala restoran, cukup membuatnya di rumah.

Ada beberapa trik yang sebaiknya Anda terapkan saat hendak membuat steak daging. Berikut ini ulasannya:

Daging lezat (rib-eye dengan tulangnya)
Para pakar kuliner umumnya sepakat bahwa rib-eye merupakan pilihan terbaik bagi para penggemar steak. Anda yang sedang berdiet pun masih bisa menikmati rib-eye steak. Untuk mengurangi kalori, pilihlah fillet yang merupakan bagian dengan paling sedikit lemak.

Tingkat kematangan (medium rare)
Anda mungkin terbiasa  untuk memesan steak dengan tingkat kematangan well done. Namun, jika Anda sedang bersantap di restoran berkualitas, sesekali coba minta steak yang medium rare. Dengan tingkat kematangan seperti ini, rasa dagingnya lebih terasa.

Menurut Matt King, Corporate Chef di Smith & Wollensky, steak yang dibakar dengan suhu tinggi akan menghasilkan steak dengan bagian luar yang kering, tetapi tetap juicy di bagian dalam.

Pilih daging sapi yang sudah tua
Daging yang sudah tua dan kering menambahkan elemen rasa dengan menyerap kelebihan air dari daging sehingga meningkatkan citarasa daging yang lezat.

Kurangi saus
Daging sapi berkualitas premium sebenarnya sudah lezat. Pada bagian fillet, meskipun sangat empuk, guratan lemaknya sedikit (padahal marbling atau guratan lemak ini yang bikin daging jadi lezat).

Untuk lebih mengeluarkan rasa alami dari fillet, Anda dapat menggosokkan bubuk cokelat atau kopi pada permukaan daging. Setelah dipanggan, warnanya pun akan menjadi lebih menarik.

Ukuran besar tidak selalu nikmat
Ukuran memang tergantung selera. Namun, jika Anda memesan kentang panggang atau sayuran sebagai pendampingnya, steak berukuran 175-225 gram sudah cukup. Kalau Anda hanya memesan daging steak, steak berukuran 340 gram sudah membuat Anda kenyang.

Mematangkan steak
Jika Anda ingin memasak steak sendiri, keluarkan daging steak dari lemari es 30-60 menit sebelum Anda memasaknya untuk menyesuaikan suhunya dengan suhu ruangan. Bumbui steak dengan garam dan lada sebelum Anda membakarnya.

Steak setebal 6-9 cm membutuhkan sekitar 4 menit pada masing-masing sisinya untuk mendapatkan tingkat kematangan medium rare. Setelah selesai, diamkan terlebih dahulu beberapa menit sebelum mulai memotong dan menyajikannya.



Ingin rafting gratis? Buka link ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ftr.-)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini