Share

Sapi Pun Merayakan Ulang Tahun

Pipiet Wibawanto , Sindo TV · Jum'at 18 April 2014 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 18 341 972249 klyLYALKme.jpg
A A A

TUBAN- Perayaan ulang tahun ternyata tidak hanya dirayakan manusia saja. Namun, Sapi pun merayakan ulang tahun.

Sapi-sapi di Dusun Dlupang, Desa Tegal Agung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, selalu merayakan ulang tahun, setiap tahun. Tak jauh berbeda dengan perayaan ulang tahun yang digelar manusia. Pemilik sapi pun mengundang tetangga untuk merayakan pesta syukur tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Ini ulang tahun sapi biar mendatangkan berkah, banyak rejeki, dan sapinya beranak banyak,” kata seorang pemilik sapi, Piatun, Jumat (18/4/2014).

Piatun menambahkan, hari dan bulan ulang tahun ditetapkan berdasarkan keyakinan pemilik, artinya, pemilik yang menentukan. Perayaan ulang tahun sapi milik Piatun digelar sederhana. Para tetangga berdoa bersama demi keselamatan sapi-sapinya. Menu sajian pun adalah menu makanan tradisional jawa, yaitu, ketupat, lepet, sayur, dan berbagai makanan tradisional lainnya.

Ketupat sajian pesta juga dikalungkan ke leher sapi. Tak jarang ketupat ini juga dimakan oleh sapi. “Jika ketupat ini dimakan sapi, pasti akan membawa berkah tersendiri, salah satunya bila dijual akan laku dengan harga tinggi dan sapi tersebut bisa beranak banyak,” kata Piatun.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini