Share

Kukar Ingin Jadi Destinasi Pendidikan di Indonesia

Margaret Puspitarini , Okezone · Jum'at 18 April 2014 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 18 373 972403 rUpslCrjZQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)
A A A

JAKARTA - Meski merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) justru memiliki ambisi berbeda. Bupati Kukar Rita Widyasari berniat untuk menjadikan Kukar sebagai salah satu destinasi pendidikan. Tidak hanya berskala lokal tapi juga internasional.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Rita pun menggandeng perguruan tinggi ternama sekelas Cambridge University. Dalam kemitraan tersebut, pemerintah daerah (pemda) Kukar dan Cambridge menghasilkan beberapa program pendidikan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kerja sama tersebut meliputi pelatihan dan modul bahasa Inggris bagi siswa dan guru tingkat SMP dan SMA, serta pengiriman lima pelajar terbaik untuk melanjutkan studi S-1 di Cambridge.

"Masa depan Kukar bergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM)nya bukan hanya sumber daya alam saja karena akan habis. Jika sumber daya alam tidak ada, saya khawatir Kukar akan tertinggal," ujar Rita, di Hotel Century, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (18/4/2014).

Untuk menghasilkan kerja sama yang efektif, kata Rita, hari ini pihak Cambridge mendatangi Kukar guna melihat sarana dan prasarana serta modul atau bahan ajar tiap sekolah. Sebab, lanjutnya, jumlah sekolah berkualitas dari segi SDM maupun saran dan prasarana masih minim.

"Pada 6 Mei 2014, saya akan mendatangi London untuk penandatanganan MoU lebih lanjut dengan Cambridge. Hari ini perwakilan Cambridge datang ke Kukar untuk survei kebutuhan pendidikan di sana dengan didampingi dinas pendidikan setempat. Karena tidak semua sekolah di Kukar hebat. Masih banyak sekolah yang tertinggal," paparnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini