Share

Green Building Memang Mahal, Tapi..

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Jum'at 18 April 2014 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 18 471 972192 mxfiprNTvS.jpg
A A A

JAKARTA - Konsep green building masih menjadi salah satu isu lingkungan yang selalu menarik untuk dibahas. Semakin berkembangnya zaman kesadaran orang-orang akan lingkungan pun semakin tinggi. Salah satunya, dengan mendirikan properti yang dibangun dengan konsep green.

Di Indonesia sendiri, Jakarta khususnya, kehadiran gedung perkantoran dengan konsep green belakangan ini semakin marak. Sejumlah kawasan bisnis di Jakarta kian diramaikan dengan gedung-gedung baru. Menurut Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) wilayah DKI Jakarta, Steve J Manahampi maraknya pembangunan gedung perkantoran dengan konsep Green Buiding di Jakarta adalah karena permintaan dari perusahaan-perusahaan asing.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kebanyakan perusahaan asing yang berkantor di Indonesia tidak mau kalau kantornya tidak green building. Karena memang mereka lebih cenderung menginginkan hemat dari segi operasional gedung," ucap Steve di sela-sela acara Design Week yang bertempat di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Diakui Steve, untuk membangun sebuah Green building memang mahal, namun yang menjadi benefit terbesarnya adalah biaya operasional yang dapat ditekan. Lebih lanjut Steve menyebut, dalam pembangunan green building yang harus diperhatikan jangan hanya tampilannya saja. Tapi lebih ke performanya yang benar-benar dapat menekan penggunaan energi.

"Jadi bukan green sekedar green ya," tutupnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini