Share

Material Ini Bisa Jadi Alternatif Pengganti Kayu

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Jum'at 18 April 2014 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 18 472 972191 914EdGsxD9.jpg Material Conwood (Foto : Meutia Febrina/Okezone)
A A A

JAKARTA - Penggunaan material kayu dalam bahan bangunan semakin tinggi. Hal ini membuat kebutuhan material kayu di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Salah satu material alternatif pengganti kayu yang ramah lingkungan yang bisa digunakan adalah Conwood (concrete wood). Conwood adalah material campuran antara semen dan selulosa fiber dengan komposisi 70:30 persen. Produk ini merupakan produk yang berasal dari Swiss.

Menurut Senior Commercial Manager Conwood, Ferry Wiaga Djajaprawira, material Conwood ini dapat diaplikasikan pada berbagai macam bagian bangunan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Material ini bisa diaplikasikan di dinding, lantai, plafon, tangga, bahkan material untuk outdoor," ucapnya pada media di pameran Megabuild 2014 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Menurut Ferry,material conwood ini memiliki beberapa kelebihan dibanding kayu.

"Pertama, material ini anti rayap, berbeda dengan kayu. Kecuali memang kayu yang bagus. Kedua juga tahan terhadap banjir," ucapnya.

Selain itu, dari segi pengerjaan pun dapat lebih cepat dibanding material kayu. Tidak hanya itu, material ini diklaim Fery dapat bertahan hingga 10 tahun. Dari segi harga, lanjut Ferry material Conwood juga lebih murah. Harga material conwood perbatangnya mulai dari Rp58 ribu hingga Rp491 ribu.

Sementara itu, untuk perawatan, material conwood ini juga sangat mudah. Layaknya lantai kayu pada umumnya, lanjut Ferry, material conwood ini dapat dibersihkan dengan cara disapu dan dipel seperti biasa.

Dari segmen pasar, Ferry menyebut material conwood ini menargetkan segmen menengah atas. Hadir di Indonesia sejak tahun 2012, Ferry optimis dapat mencapai target market di Indonesia. Bahkan, dia menargetkan penjualan material Conwood ini sebesar 3.000 ton per bulannya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini