Share

Amankah Makan Cokelat bagi Diabetesi?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 18 April 2014 11:18 WIB
$detail['images_title']
Diabetesi perhatikan makanan (Foto: Boldsky)

RASA cokelat yang manis dan lezat adalah alasan banyak orang menggilai camilan ini. Bahkan, pasien diabetes tipe-2 pun terkadang sulit menjauhkan diri dari kebiasaan makan cokelat.  

Lantas, apakah makan cokelat baik bagi pasien diabetes tipe-2? Berikut penjelasannya, sebagaimana dilansir Boldsky.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kandungan flavanoid

 

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa cokelat terdiri dari beberapa kandungan flavanoid yang bermanfaat untuk diabetes tipe-2. Penelitian juga mengungkapkan bahwa flavanoid harus dikonsumsi untuk mengurangi efek negatif dari diabetes tipe-2. Hal ini karena flavanoid mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan regulasi glukosa. Selain itu, flavanoid juga membantu dalam regulasi protein tubuh dan meningkatkan kerja metabolisme. Oleh karena itu, cokelat baik dikonsumsi pasien diabetes tipe-2, yaitu dark chocolate.

 

Dark chocolate

 

Cokelat biasa mengandung kadar gula dan susu yang tinggi, sehingga tidak baik bagi pasien diebetes tipe-2. Sedangkan, dark chocolate mengandung lebih banyak flavanoid dibanding cokelat biasa. Oleh karena itu, makan dark chocolate membantu dalam regulasi insulin dan mengendalikan diabetes tipe-2.

 

Konsumsi seimbang

 

Sebenarnya cokelat biasa tidak begitu mengancam pasien diabetes tipe-2 jika dimakan secara seimbang. Bila mengonsumsi cokelat diimbangi dengan berolahraga, maka diabetes tipe-2 tetap terkendali. Oleh karena itu, cokelat baik untuk pasien diabetes tipe-2 jika dimakan dengan cara yang terkontrol dan aktif secara fisik.

 

Buat kombinasi yang sehat

 

Membuat makan cokelat baik untuk pasien diabetes tipe-2, maka harus menciptakan kombinasi yang sehat. Menambahkan dark chocolate atau cokelat biasa dalam diet harian bersama sayur dan buah dapat meningkatkan manfaat kesehatan dari asupan-asupan ini. Terutama dark chocolate yang memiliki senyawa biotik dapat lebih bermanfaat bila dikonsumsi dengan sayuran dan makanan sehat lainnya.

 

Beberapa fakta di atas membuktikan bahwa cokelat dengan kombinasi yang sehat baik untuk pasien diabetes tipe-2. Semua alasan tersebut tidak menunjukkan bahwa cokelat bisa tidak baik bagi pasien diabetes tipe-2.

(tty)