Share

Jangan Biarkan Anak Terlalu Lama Nonton Televisi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 18 April 2014 15:32 WIB
$detail['images_title']
Anak menonton tv (Foto: Huffingtonpost)

MEDIA televisi memang menjadi sarana untuk memeroleh berbagai informasi dan pengetahuan. Namun, menonton televisi terlalu lama juga bisa menimbulkan dampak kurang baik bagi kesehatan, terutama pada anak-anak. Apa pasal?

Menurut sebuah studi baru, waktu menonton televisi dapat mengurangi waktu tidur seorang anak. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa adanya televisi di kamar tidur juga dikaitkan dengan kurangnya tidur anak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Secara keseluruhan, setiap jam tambahan rata-rata per hari menonton televisi seumur hidup dari bayi sampai pertengahan masa kanak-kanak dikaitkan dengan tujuh menit per hari lebih sedikit tidur selama periode yang sama. Efek tampak sangat jelas pada laki-laki dibandingkan anak perempuan,” tulis peneliti dalam the Pediatrics study, dikutip Huffingtonpost.  

Oleh karena itu, bagi orangtua harus memerhatikan ruang tidur dari anak. Mungkin, menempatkan televisi di kamar tidur dapat menyenangkan hati anak, tetapi itu akan berdampak buruk bagi kesehatannya karena berhubungan dengan kurangnya waktu tidur.

 

Lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa secara khusus menempatkan televisi di kamar tidur dikaitkan dengan 31 menit tidur lebih sedikit setiap hari pada anak-anak berusia 4 sampai 7 tahun. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Massachusetts General Hospital for Children and the Harvard School of Public Health. Penelitian ini meneliti 1.864 ibu dan anak-anak yang lahir antara 1999 sampai 2003. Kemudian, rata-rata waktu tidur mereka dilacak setiap tahun dari mulai berusia 6 bulan sampai 7 tahun.

 

Bahkan, ini bukan pertama kalinya lama waktunya menonton televisi dikaitkan dengan masalah tidur pada anak-anak. Sebelumnya, sebuah studi yang dipublikasikan tahun lalu dalam jurnal penelitian yang sama menunjukkan bahwa anak-anak menonton televisi sesaat sebelum tidur lebih mungkin pergi meninggalkan tempat tidur.

 

Selain itu, penelitian lainnya juga telah mengaitkan terlalu lama menonton televisi dengan berat badan dan kinerja anak-anak di sekolah.

(tty)