Share

Sstt, Rajin Hubungan Seks Ampuh Bakar Puluhan Kalori

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 19 April 2014 00:11 WIB
$detail['images_title']
Intim dengan pasangan (Foto: Google)

MENURUNKAN berat badan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain dengan menerapkan pola diet sehat dan seimbang, aktivitas fisik dengan berolahraga juga sangat penting dilakukan untuk membakar kalaori.
 

Tetapi, kadang kala mungkin Anda merasa bosan melakukan rutinitas olahraga setiap hari. Bila sudah seperti ini, Anda harus mencari aktivitas alternatif lain yang membakar kalori sama halnya seperti berolahraga, ya berhubungan seksual.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tetapi, benarkah berhubungan seksual juga membakar kalori dalam jumlah yang sama seperti bila Anda berolahraga? Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the Journal PloS One telah mencoba menemukan jawabannya.

 

Dalam studi tersebut, 21 pasangan heteroseksual pertama kali diminta untuk menyelesaikan tes daya tahan selama 30 menit di atas treadmill dengan intensitas sedang. Kemudian, mereka dikirim pulang dengan beberapa ban di lengan untuk memantau aktivitas seksual setidaknya sekali seminggu selama satu bulan.

 

“Mereka diminta untuk mencatat bagaimana setiap gerakan seksual membuat mereka merasa lebih bugar secara fisik dan psikologis dibandingkan dengan berjalan di atas treadmill,” ujar peneliti dalam laporan New York Times, dikutip Huffingtonpost.

 

Lebih lanjut, para peneliti memperoleh data bahwa aktivitas seksual membakar sekitar empat kalori per menit untuk pria dan tiga kalori per menit pada wanita. Sementara menurut Times, berhubungan seksual setara dengan berjalan cepat atau bermain tenis.

 

Menurut penulis studi ini, Antony D. Karelis, tiga sampai empat kalori per menit tentu dapat bertambah jika Anda bisa melakukannya pada beberapa waktu. Rata-rata lamanya berhubungan seksual dalam penelitian ini adalah 25 menit, itu sudah termasuk foreplay.

 

“Termasuk denga foreplay, berhubungan seksual akan menghasilkan sekitar 75 kalori yang terbakar untuk wanita dan 100 kalori pada pria,” ujar Antony D. Karelis, dikutip Huffingtonpost.

 

Namun sama halnya dengan olahraga, semakin “semangat” Anda ketika berhubungan seksual, maka semakin besar kalori yang dibakar. Selain itu, Antony D. Karelis mengatakan bahwa berhubungan seks juga mempunyai banyak manfaat kesehatan lain, selain pembakaran kalori.

 

“Berhubungan seksual juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan mengusir jauh stres,” tandasnya.

(tty)