Share

Apa Penyebab BAB Berwarna Gelap?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 18 April 2014 16:48 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi sakit perut (Foto: Google)

ASUPAN makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaannya. Misalnya, Anda bisa saja menderita diare atau malah mengalami sembelit.

 

Ketika mengalami gangguan pencernaan, mungkin Anda terkejut pada perubahan warna feses yang menjadi gelap. Namun, sebenarnya perubahan warna pada feses menunjukkan adanya masalah pada sistem pencernaan Anda. Lantas, asupan apa saja yang dapat menyebabkan warna feses berubah?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Junk food

 

Jika Anda terlalu banyak makan junk food, maka warna feses bisa berubah menjadi cokelat atau hitam. Hal ini karena junk food membutuhkan waktu untuk terurai, sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Kopi

 

Ketika terlalu banyak minum kopi, maka dampaknya bisa buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. Terlalu banyak minum kopi juga bisa menyebabkan dehidrasi karena retensi air dan juga menggelapkan warna feses. Selain itu, terlalu banyak minum kopi atau kefein juga menyebabkan feses mengeras, sehingga mengakibatkan sembelit.

Minuman manis

 

Layaknya junk food, minuman kaya akan gula juga menyebabkan warna feses berubah menjadi gelap. Selain itu, makanan yang kaya akan gula juga menyebabkan perut kembung dan meningkatkan berat badan.

Daging sapi

 

Daging sapi mengandung banyak zat besi. Namun, bila terlalu banyak mengonsumsi daging sapi bisa menyebabkan warna feses gelap yang artinya pencernaan Anda bermasalah. Demikian dilansir Boldsky.

(tty)