Share

Pencarian MH370 di Dasar Laut Tembus Rekor Baru

Angga Mahaputra , Okezone · Sabtu 19 April 2014 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 19 413 972632 VEkPagJzTs.jpg Pencarian puing Malaysia Airlines tanpa henti. (Foto: EPA)
A A A

PERTH - Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 terus dilakukan. Drone Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) bahkan membuat hal baru yakni menyelam sampai kedalaman yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Pemecahan rekor tersebut dimulai setelah Bluefin-21 melakukan pencarian. Dalam pencarian tersebut, mekanisme pengaman otomatis mengembalikan Bluefin-21 ke permukaan laut setelah mencapai kedalaman sekira 4,5 kilometer (km).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian pencarian kembali dilakukan oleh para tim ketika mencoba menyesuaikan mekanisme tersebut. Pencarian pun berhasil menempuh kedalaman 4,6 kilometer, demikian seperti dilansir Reuters, Sabtu (19/4/2014).

Saat ini, Bluefin21 dan side scan sonar memfokuskan pencarian sekira  2.000 km dari kota Perth, Australia. Setelah melakukan upaya pencarian, para tim akan beralih ke Bluefin21 pasca sinyal ping sudah tidak terdeteksi. Hal tersebut dikarenakan sinyal baterai kotak hitam sudah melampaui sekira 30 hari.

Para tim berharap bahwa Bluefin 21 memandu pencarian puing pesawat. Bluefin akan memasuki pencarian yang keenam dan pencarian akan mencakup sekira 133 kilometer. Pencarian sudah mencapai minggu ke tujuh, namun sampai saat ini belum juga ditemukan puingnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini