Share

Tompi: Psikologis Ibu Lebih Penting agar ASI Lancar

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 19 April 2014 17:01 WIB
$detail['images_title']
Tompi (Foto: Helmi/Okezone)

MOMEN kebahagian seorang ibu setelah melahirkan akan semakin lengkap bila proses menyusui juga lancar. Tetapi, kadang kala seorang ibu menemui hambatan, misalnya ASI tak kunjung keluar.
 

Kalau sudah seperti itu, kebanyakan ibu akan khawatir bila dirinya tidak bisa memberikan ASI secara maksimal untuk buah hatinya. Dalam kondisi penuh kekhawatiran ini, baik ibu maupun seorang ayah bisa saja menempuh cara yang kurang tepat untuk memperlancar pemberian ASI.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bahkan, menurut artis sekaligus penyanyi beken Tompi, banyak orang menganggap atau menempatkan secara keliru obat-obatan atau penyokong lain-lainnya sebagai yang utama untuk mengatasi ASI yang tidak kunjung keluar. Padahal, menurut Tompi, menempatkan obat-obatan atau penyokong lainnya sebagai hal utama memperlancar ASI bukanlah cara yang tepat.

 

“Justru sebenarnya, faktor paling penting dari ASI adalah psikologis ibunya dulu,” jelas Tompi pada perayaan ulang tahun AIMI ketujuh bertema "Selebrasi" di Taman Bunga, TMII, Jakarta Timur (19/4/2014).

Menurut Ayah dari tiga orang anak tersebut, psikologis seorang ibu yang sedang menyusui sangat berpengaruh terhadap kelancaran ASI. Tompi mengatakan bahwa bila psikologis seorang ibu supportif, maka seharusnya produksi ASI akan banyak dan lancar.

 

“Faktor-faktor lain seperti makanan, minuman-minuman, atau obat-obatan tertentu untuk melancarkan ASI itu kalau psikis ibunya tidak support, mau dikasih apa pun tidak akan berpengaruh,” tandas Tompi.

(tty)