Share

Martabak Indonesia, Terenak di Dunia!

Johan Sompotan, Okezone · Minggu 20 April 2014 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 19 299 972708 SvwMKLcONu.jpg Martabak Indonesia, dessert terenak di dunia (Foto:deresep)
A A A
KULINER Indonesia kembali menunjukkan kedigdayaannya di dunia makanan. Setelah rendang, kini martabak termasuk dalam 8 dessert atau makanan penutup terenak di dunia.
Biasanya, makanan penutup atau dessert sangat akrab dengan rasa manis, tapi dessert yang ada di Indonesia, yakni martabak tak memiliki rasa manis tapi sangat enak ket
ika dicobanya.

Nah, berikut ini ada beberapa makanan penutup yang layak dicoba untuk dirasakan di seluruh dunia seperti dilansir Thedailymeal:

Aletria Doce
Ketika menginjak Portugal maka akan menemukan Aletria Doce. Hidangan ini memiliki rasa manis. Berbentuk seperti pasta yang dibuat dengan gula, susu, kuning telur, dan banyak kayu manis. Rasanya hampir sama seperti puding beras. Hidangan ini sangat tradisional, biasanya dinikmati saat natal.

Cherpumple
Negara Amerika memang identik dengan hidangan berbasis daging. Bila bepergian ke Los Angeles, Amerika maka harus mencicipi cherpumple.

Mungkin pernah mendengar tentang turducken, dimana daging ayam yang ditaruh di dalam daging bebek atau kalkun. Tapi di Amerika, hidangan seperti itu dibuat dessert, yang dinamakan Cherpumple.

Merupakan kue tiga lapis dengan pie, dimana di setiap lapisan terdapat pie cherry, pie labu, dan pie apel. Semua dijadikan satu di dalam satu casing kue putih.

Tavuk GöÄ?sü

Mendatangi Turki, maka akan menemukan beberapa dessert yang enak. Termasuk mempergunakan daging ayam. Awalnya pemakaian almond dan ayam pernah populer di Eropa Abad Pertengahan, hidangan ini pertama kali disajikan untuk sultan dari Kekaisaran Ottoman.

Menggunakan dada ayam yang ditumbuk dengan memakai gula dan dikentalkan memakai tepung, dan ditaburi dengan kayu manis. Meskipun sekilas tampak aneh untuk makan ayam sebagai hidangan manis, namun Tavuk GöÄ?sü sangat lezat serta populer di seluruh Turki.

Martabak
Martabak dibuat dengan mempergunakan coklat dan keju, apalagi makanan ini kerap ditemukan di jalanan apalagi sangat popularitas di seluruh dunia Arab dan ke Asia Tenggara. Tapi martabak yang enak dari Indonesia, memiliki dua macam manis dan gurih. Versi manis adalah martabak yang berukuran tebal serta diisi dengan cokelat dan keju dan di atasnya mempergunakan kacang hancur, cokelat, dan selai. (uky)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ftr.-)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini