Share

Tumbalkan Nyawa di Sumur Ini, Kepercayaan Suku Maya Panggil Hujan

Winda Destiana, Okezone · Senin 21 April 2014 03:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 19 544 972741 SpIz414eRL.jpg Cenote Sagrado, Meksiko (Foto: mnn)
A A A

Cenote Sagrado, Meksiko

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Suku maya kuno dihormati sebagai penyembuh dan untuk mempertahankan kelangsungan hidup umat banyak. Tempat ini merupakan tempat suci atau sumur pengorbanan kepercayaan bangsa maya tersebut. Tempat ini berada di sebelah utara kawasan Itza yang terhubung dengan jalan besar sebagai akses untuk memasuki kawasan ini. Menurut penduduk lokal, kepercayaan bangsa maya adalah seringkali mengorbankan benda atau manusia ke dalam sumur ini sebagai bentuk ibadah mereka kepada dewa hujan. Hal itu menyangkut hajat hidup orang banyak yang sangat dipegang teguh oleh bangsa maya.

 

Jika pada musim kemarau, sumur ini akan dilempari manusia yang terdiri dari pria atau wanita, atau bahkan anak anak sekalipun. Hal ini dilakukan untuk menenangkan dewa air sehingga akhirnya mereka akan memberikan hujan bagi wilayahnya. Ketika beberapa orang arkeolog mengeruk kawasan ini di abad ke 20, mereka menemukan lonceng emas, masker, cangkir, potongan batu giok bersamaan dengan tulang belulang manusia.

 

Namun demikian, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan legenda atau kebenaran kisah yang melatarbelakangi dari tempat ini. Bahkan ada beebrapa yang mencoba untuk menyelam ke dalam cenote, meski visibilitas terlalu rendah dan menjadi penghalang mereka untuk melihat pemadangan di bawah air.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini