Share

Dapatkan Pencerahan di Bawah Pohon Keramat

Winda Destiana, Okezone · Senin 21 April 2014 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 19 544 972742 sy9YModRHZ.jpg Pohon Mahabodhi, Bodh Gaya, India (Foto: foxnews)
A A A

Pohon Mahabodhi, Bodh Gaya, India

Menurut tradisi Buddha, sekitar abad ke 500 SM, ketika seorang pertapa Pangeran Siddhartha mengembara di kawasan yang kini terkenal dengan nama Bihar di India, dia beristirahat di bawah pohon bodhi. Setelah bermeditasi di sana selama tiga malam, sang pangeran terbangun dengan pencerahan, wawasan dan jawaban yang selama ini dia cari. Kemudian ajaran tersebut ia sebarkan kepada murid-muridnya dan kini tempat ia menemukan pencerahan tersebut menjadi keramat bagi kaum Buddha.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bukan hanya itu, saat ini kawasan tersebut juga telah berubah menjadi kawasan sebagai tempat peziarah yang masih tetap dijaga dan dilestarikan hingga kini. Menurut kepercayaan umat Buddha, situs tersebut merupakan situs paling suci selama berabad-abad. Pada tahun 2002, tempat ini menjadi cukup populer bagi wisatawan lokal maupun asing setelah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Namun, pada tanggal 7 Juli 2013 silam, sebuah bom meledak di sekitar komplek Vihara Mahabodi yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Lima orang termasuk dua bikkhu terluka akibat serangan ini. Kawasan vihara suci ini terdiri dari Pohon Bodhi suci yang pada saat ledakan tidak mengalami kerusakan, namun kerusakan terjadi di dalam vihara tersebut. Meski demikian, kawasan ini masih cukup diminati oleh peziarah maupun wisatawan asing yang ingin melihat bentuk dari pohon Bodhi tersebut.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini