Share

Hasil Belum Keluar, 12 Siswa Dipastikan Tak Lulus UN

ant , Jurnalis · Sabtu 19 April 2014 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 19 560 972556 iV3Osu3wkg.jpg Ilustrasi peserta UN. (Foto: Arif Julianto/Okezone)
A A A

SUMBAWA BESAR - Sebanyak 12 siswa sekolah menengah atas di wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dipastikan tidak lulus karena tidak mengikuti ujian sekolah (US), termasuk ujian nasional (UN).

Kabid Dikmen Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa M Ali HK SPd MPd ketika dikonfirmasi membenarkan 12 siswa dipastikan tidak lulus, meski hasil UN baru diumumkan 20 Mei.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"US menjadi salah satu penentu kelulusan UN, mengingat 40 persen nilai kelulusan diambil dari nilai US," kata Ali, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (19/4/2014).

Dikatakan Ali, 12 siswa yang tidak lulus adalah delapan siswa berasal dari SMA Syekh Zainuddin Tepal, tiga siswa SMA Negeri 1 Labangka dan seorang lagi dari SMA Negeri 1 Tarano.

Sebenarnya, 12 siswa ini sudah masuk daftar nominasi tetap (DNT) sebagai peserta UN. Mereka tidak ikut US karena ada di antaranya ada yang sudah menikah, atau menjadi TKW.

Menurut dia, seorang siswa agar dapat mengikuti UN diwajibkan mengikuti US. US dan UN satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, manakala satu di antaranya tidak diikuti, maka dipastikan siswa bersangkutan tidak akan lulus ujian.

"Kami sangat menyayangkan adanya siswa yang dipastikan tidak lulus ini," ujarnya menyesalkan.

Namun demikian, Ali tetap berharap 12 siswa ini tidak sampai putus sekolah dan dapat menyelesaikan pendidikan SMA-nya dengan mengikuti ujian Paket C, mengingat antara ijazah paket dan ijazah sekolah formal pada dasarnya sama.

"Kami siap memfasilitasi siswa yang tidak ikut US dan UN untuk dapat mengikuti ujian Paket C, sehingga pendidikan mereka tidak putus di tengah jalan," ujar Ali.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini