Share

Asing Borong Saham Rp1,6 Triliun Pekan Lalu

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Senin 21 April 2014 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 20 278 972999 mIuF4ToY60.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan kemarin mengalami kenaikan 80,48 poin (1,67 persen) atau lebih tinggi dari sebelumnya yang melemah 41,37 poin (0,85 persen).

Semua indeks utama berbalik menghijau dimana kenaikan dipimpin indeks IDX30 (1,96 persen) diikuti indeks LQ45 (1,92 persen), indeks MBX (1,82 persen) dan indeks utama lainnya. Sementara indeks sektoral mayoritas bergerak menguat kecuali indeks pertambangan yang mengalami pelemahan 0,32 persen. Sementara kenaikan dipimpin indeks properti 3,73 persen, indeks perkebunan dan keuangan yang masing-masing naik 3,15 persen dan 1,94 persen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada dalam risetnya mengatakan, IHSG mampu bertahan menghijau sepanjang sepekan kemarin. Masih adanya daya beli masih mempertahankan IHSG di zona positifnya meski diiringi dengan aksi jual dari sebagian pelaku pasar.

"Rendahnya posisi mayoritas harga saham pasca penurunan tajam setelah berlangsungnya Pemilu membuat pelaku pasar banyak mencoba kembali masuk dengan memanfaatkan rendahnya harga-harga saham," ucap Reza di Jakarta, Minggu (20/4/2014).

Reza menambahkan, meski hasil dari perhitungan Pemilu belum selesai dan belum sesuai harapan serta menimbulkan ketidakpastian baru terkait pembentukan koalisi antarpartai, namun besarnya minat beli pelaku pasar membuat IHSG bertahan di zona hijau meski kenaikannya dalam kisaran terbatas.

"Sepanjang pekan kemarin, asing masih tercatat nett buy sebesar Rp1,6 triliun atau lebih rendah dari pekan sebelumnya senilai Rp2,31 triliun," paparnya.

Reza mengungkapkan, jika dihitung sejak awal tahun (year to date) maka sampai dengan pekan kemarin posisi asing tercatat nett buy Rp30,93 triliun yang melanjutkan nett buy pekan sebelumnya senilai Rp29,32 triliun.

"Maraknya aksi beli pelaku pasar, terutama untuk saham-saham big caps, mampu membuat IHSG melanjutkan pergerakannya di zona hijau pada awal pekan," pungkasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini