Share

Pelajar Indonesia di Jepang Gelar Indonesia Day

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Minggu 20 April 2014 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 20 373 972915 sEdv11hg7M.jpg
A A A

JAKARTA - Indonesia adalah satu negeri yang memiliki beragam agama, etnik dan budaya yang paling kaya di dunia. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya.

Keanekaragaman kebudayaannya Indonesia menjadi keunggulan dibandingkan negara lainnya. Secara metaforis, kebhinnekaan Indonesia dapat dibayangkan sebagai simbol Garuda Pancasila yang tersemat di dada anak bangsa dengan kaki mencengkeram kuat sesanti Bhinneka Tunggal Ika. Artinya, meski memiliki multi-keragaman yang paling kaya di dunia, tetaplah "Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa: Indonesia" dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yanbg tidak boleh diubah sebagai realitas yang sudah final.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang Komisariat Yamaguchi di Yamaguchi, mengadakan acara Festival Indonesia yakni Indonesia Day. Festival yang bertemakan "One Country Thousand Culture" itu, bertujuan untuk mengenalkan keragaman budaya Indonesia, bermacam-macam wisata kuliner dan minuman, pariwisata, dan kerajinan serta kesenian yang berasal dari berbagai etnik Nusantara.

Indonesia Day "One Country Thousand Culture" merupakan salah satu program PPI Komisariat Yamaguchi, dengan Ketua Panitia Yusa Rachmat, ST., M. Eng. Acara ini juga didukung para pengusaha, komunitas Indonesia yang tinggal, bekerja, maupun yang menikah dengan warga Jepang dan menetap di Yamaguchi prefecture. Mereka mencoba memberikan kontribusi untuk memperkenalkan berbagi kekayaan budaya dan tradisional Indonesia pada masyarakat Jepang yang tinggal di Yamaguchi prefecture.

Acara tersebut dihadiri Duta Besar (Dubes) RI Tokyo, Dr. Yusron Ihza Mahendra. Dia sangat antusias dan mendukung Program PPI Yamaguchi. Baginya acara ini merupakan suatu kebahagiaan dan kehormatan bagi dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia serta pecinta budaya Indonesia di Yamaguchi.

"Kiprah PPI di berbagai negara sudah tidak diragukan lagi dalam memainkan peran diplomasi budaya dan people to people contact. Jadi, saya tahu betul bagaimana di tengah-tengah kesibukan belajar meraih cita, mahasiswa Indonesia di Jepang tetap aktif berkiprah membawa nama baik bangsa," ujar Yusa seperti siaran pers yang diterima Okezone, Minggu (20/4/2014).

Selain Dubes RI Tokyo, acara ini juga turut menghadirkan Gubernur Yamaguchi, Walikota Yamaguchi Perfecture Jepang, Konjen RI Osaka, Rektor Yamaguchi University dan disambut antusias oleh orang-orang Jepang di Yamaguchi Perfecture.

Festival ini pun dimeriahkan dalam berbagai acara, seperti bazar, Indonesia Art Performance dan Seminar Bussines. Bazar ini diadakan untuk memperkenalkan beberapa jenis makanan dan produk industri kecil serta menengah atau kerajinan tangan dari Indonesia.

Selain itu juga, Ketua PPI Yamaguchi Jepang yang juga salah satu penerima Beasiswa Program Doktor LPDP RI mengatakan bahwa ada pameran tentang pariwisata Indonesia. Indonesia Art Performance menampilkan beberapa tarian terkenal Indonesia seperti Tari Topeng, Tari Saman dan performance musik tradisional Indonesia seperti Balinese Gamelan dan Performance lagu-lagu daerah Indonesia.

"Orang Jepang di Yamaguchi Perfecture tidak hanya menyukai Budaya Indonesia saja, tapi juga sangat menyukai makanan Indonesia seperti sate, bakso yang dapat dilihat stand bazar makanan dan minuman Indonesia langsung diserbu oleh warga Jepang," ucap mahasiswa program doctor Graduate East Asia, Yamaguchi University yang kerap dipanggil Ubay itu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini