Share

Universitas Trilogi Sambangi Siswa SMA di Riau

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Minggu 20 April 2014 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 20 373 973050 UticPYBzth.jpg
A A A

JAKARTA - Boleh dikatakan hampir tidak ada yang mengingkari bahwa maju mundurnya suatu bangsa tidak akan terlepas dari sumber daya manusianya. Selanjutnya, SDM itu sendiri tidak akan pernah lepas dari kualitas pendidikan yang mereka dapati.

Sadar akan hal ini, Pemerintah Provinsi Riau melaksanakan Sosialiasi Fasilitas Masuk Perguruan Tinggi Terkemuka Nasional. Adapun salah satu dari kampus yang diundang dalam kegiatan tersebut adalah Universitas Trilogi Jakarta, sebuah kampus yang merupakan pengembangan dari STEKPI.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rektor Universitas Trilogi, Prof. Dr. Asep Saefuddin yang juga menjadi narasumber pada sosialisasi itu sangat menyambut baik semangat Pemerintah Provinsi Riau. Menurutnya, Pemerintah Riau selama ini memang terus berkomitmen untuk membangun pendidikan di daerahnya. Oleh karena itu tidak salah kalau akhir tahun lalu, senat Universitas Trilogi memutuskan Provinsi Riau sebagai salah satu penerima Trilogi Award 2014 untuk kategori Pemerintah Daerah Peduli Pendidikan.

“Penghargaan tersebut adalah sebuah anugerah yang diberikan kepada pemerintah daerah atas kerja keras dan dedikasinya dalam membangun pendidikan. Baik itu pra sekolah, dasar sampai pendidikan tinggi. Disini, peranan kepala pemerintah daerah sejak diorbitkan otonomi daerah tentunya menjadi faktor penentu kemana arah prioritas pembangunan di daerahnya," ujar Rektor jebolan program Doktor kampus di Kanada itu seperti siaran pers yang diterima Okezone, Minggu (20/4/2014).

Dalam paparannya mengenai Universitas Trilogi di hadapan ratusan peserta yang hadir, dijelaskannya pula bahwa sebagai kampus Teknopreneur, Universitas Trilogi ingin benar-benar menghasilkan para mahasiswa yang bermental entrepreneur. Salah satu langkah yang dilakukannya adalah dengan melakukan kerja sama dengan P4TK Pertanian Cianjur atau lebih dikenal dengan Vocational Education Development Center for Agriculture (VEDCA). Melalui kerja sama ini, konsep menjadi pengusaha sebelum sarjana akan benar-benar konkret.

Selain melakukan bekerjasama dengan berbagai lembaga lainnya baik dalam maupun luar negeri, untuk mengakomodir para pencari kerja, Universitas Trilogi juga melakukan kerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dalam konteks ini, Universitas Trilogi selalu mengadakan bursa kerja yang diikuti oleh berbagai sektor swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di berbagai bidang.

Sementara itu, selaku tuan rumah sekaligus Panitia Pelaksana acara, Nasrol Akmal M, Ed menjelaskan, hingga saat ini Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah bekerjasama dengan sembilan Universitas Terkemuka Nasional dan dua dengan Universitas di Malaysia dengan total ada 11 Universitas. Sembilan Universitas yang terkemuka yang berada di dalam negeri tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung (ITB), Insitut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Brawijaya (UB), dan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta adalah Univeritas Trilogi Jakarta.

“Adapun Universitas Trilogi Jakarta yang menjadi satu-satunya PTS yang menjadi pilihan dikarenakan jurusan-jurusan yang ada di Universitas Trilogi bekerjasama secara langsung dengan ITB dan IPB. Selain itu lulusan kampus ini juga cepat terserap," ucapnya.

Acara ini bertujuan untuk menginformasikan tentang bantuan pendidikan pada Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia, menginformasikan tentang program-program studi pada Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia, dan menginformasikan tentang persyaratan penerima bantuan pendidian pada Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia. Dari acara ini, diharapkan mendapatkan hasil agar para peserta yang hadir memahami konsep bantuan pendidikan pada Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia dan menyebarluaskan informasi tentang bantuan pendidikan pada Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia untuk kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Peserta yang hadir dalam sosialisasi ini terdiri dari Kepala Bidang Dinas Pendidikn Kab/Kota Se-Riau beserta stafnya. Sementara itu, utusan sekolah juga dihadirkan yaitu para Kepala SMA/Sederajat perwakilan kecamatan dari Kab/Kota se-Riau.

Khusus untuk Riau, Universitas Trilogi tidak hanya melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsinya saja, tapi juga akan mencoba membangun kerja sama secara langsung kesemua dinas pendidikan kabupaten/kota yang berada di bawah Provinsi Riau. Melalui bentuk-bentuk kerja sama ini, Universitas Trilogi berharap bisa memberikan yang terbaik untuk membangkitkan kualitas pendidikan anak negeri.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini