Share

Gol Tunggal Ninja, Jaga Asa Scudetto Roma

Arief Hadi Purwono, Okezone · Minggu 20 April 2014 04:18 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 20 47 972831 X1jHJIwoup.jpg Ekspresi Radja Nainggolan setelah mencetak gol semata wayang Roma ke gawang Fiorentina (Foto: Ist)
A A A

FIRENZE – Roma terus menjaga asa Scudetto musim ini, dengan meraih kemenangan tipis nan sulit 1-0 di kandang Fiorentina, Artemio Franchi. Gol tunggal Ninja -julukan Radja Nainggolan- di babak pertama cukup membawa Serigala Roma meraih tiga poin di giornata ke-34 Serie A.

Hasil ini tetap membuat Francesco Totti dkk di peringkat dua klasemen Serie A dengan 82 poin dan berselisih delapan poin dengan Juventus di puncak klasemen. Sementara La Viola gagal memanfaatkan hasil imbang yang diraih Napoli kala bertandang ke Udinese dan mendekatkan jarak, dengan berada di peringkat empat dan memiliki 58 poin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Babak Pertama

Minus duo juru gedor andalan tuan rumah, Giuseppe Rossi dan Mario Gomez yang ceder, allenatore Fiorentina, Vincenzo Montella menurunkan Ryder Matos untuk berduet dengan Joseph Ilicic. Sementara Roma masih tanpa Mattia Destro yang dihukum larangan bertanding dan posisinya digantikan kapten Giallorossi, Francesco Totti.

Tak hanya itu, pertandingan ini juga bak reuni kecil Montella, David Pizzaro, Alberto Aquilani dan Adam Ljajic. Khusus untuk Montella, tak hanya ia dahulu menjadi pemain Roma (tahun 1999-2009), ia juga sempat melatih Roma sebagai pelatih sementara tahun 2011. Sedangkan untuk Pizzaro dan Aquilani, bertemu Roma sama halnya bertemu dengan mantan klub yang pernah dibelanya, sementara Ljajic adalah eks pemain La Viola musim lalu.

Sedari awal pertandingan dimulai, kedua tim sudah mulai memperagakan permainan terbuka. Hal tersebut dibuktikan oleh ancaman-ancaman yang kerap diberikan oleh duo winger Roma, Gervinho dan Ljajic. Sedangkan Fiorentina mengandalkan permainan lincah nan cepat yang diperagakan oleh Juan Cuadrado.

Memasuki 20 menit pertandingan babak pertama, baik Fiorentina maupun Roma masih sama kuat dan kesulitan membongkar pertahanan yang dibangun. Namun keadaan sedikit berbalik saat La Viola mulai menekan pertahanan tim tamu yang digalang kuartet pemain asal Brasil.

Gol baru datang lima menit berselang, bukan dari tim tuan rumah melainkan Roma melalui Nainggolan. Pergerakan Ljajic yang menarik perhatian barisan bertahan Fiorentina, langsung diimbangi pergerakan apik Nainggolan yang masuk dari lini kedua dan menceploskan bola melewati Neto. 1-0 Fiorentina tertinggal

Serangan bertubi-tubi Manuel Pasqual dan kawan-kawan belum berbuah hasil hingga akhir babak pertama, dan skor tetap 1-0 untuk Roma berkat gol Nainggolan.

Babak Kedua

Kurang puas melihat penampilan Matos yang diplot sebagai ujung tombak tim, Montella menggantikannya dengan Alessandro Matri. Namun hingga waktu berada di angka 65, La Viola masih kesulitan membongkar pertahanan Roma yang terkenal kokoh musim ini di Serie A.

Stevan Savic! Tak terkawal, pemain Serbia Montenegro ini berhasil menyambut bola tendangan bebas Cuadrado. Namun sayang kurangnya naluri ‘pembunuh’, membuat bola hanya melambung tinggi di atas gawang Morgan de Sanctis.

Menghentikan permainan bola-bola pendek dan pergerakan cepat para pemain Fiorentina, Roma sedikit bermain keras dan terbukti dengan kartu kuning yang diterima empat pemainnya. Tercatat tiga pemain tersebut adalah Leandro Castan, Rafael Toloi, Dodo, dan Adam Ljajic.

Memasuki menit 80, Fiorentina tampak frustasi menembus pertahanan Roma meski statistik Soccerway menggambarkan keunggulan penguasaan bola 51% Fiorentina berbanding 49% Roma. Lagi, hilangnya sosok juru gedor andalan tim, Rossi dan Gomez terlihat pada pertandingan ini.

Hingga akhir pertandingan, Fiorentina tak mampu mengkonversikan satupun peluang menjadi gol dan Roma keluar sebagai pemenang di Artemio Franchi dengan skor tipis 1-0.

Susunan Pemain:

Fiorentina: Neto, Gonzalo Rodriguez, Manuel Pasqual, Nenad Tomovic, Stevan Savic, David Pizzaro, Alberto Aquilani (Juan Manuel Vargas 80’), Borja Valero, Juan Cuadrado, Joseph Ilicic (Joaquin Sanchez 73’), Ryder Matos (Alessandro Matri 46’).

Roma: Morgan De Sanctis, Maicon, Leandro Castan, Rafael Toloi, Dodo, Danielle De Rossi, Radja Nainggolan, Miralem Pjanic, Francesco Totti (Alessandro Florenzi 74’), Gervinho, Adam Ljajic (Michel Bastos 78’).

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini