Share

Membuat Rak Tetris yang Serbaguna

Widi Agustian , Okezone · Senin 21 April 2014 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 20 472 972880 MoRNE367QD.jpg (Foto: Dezeen)
A A A

JAKARTA - Ide bentuk rak ini diambil dari game tetris yang sangat popular di kalangan anak-anak dan remaja. Permainan bentuk yang akan saling mengisi saat dilekatkan satu sama lain sangat cocok untuk bentuk rak yang mengusung fleksibilitas ini.

Di saat rasa jenuh melanda, Anda pun dapat bermain  mengubah susunan rak tetris agar diperoleh suasana ruang yang lebih segar.  Demikian dilansir dari buku Solusi Interior Kreatif karangan Tim Penulis Griya Kreasi, Senin (21/4/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Untuk membuatnya, dibutuhkan teakblock 18 mm, ampelas, lem putih, lem  kuning, dempul dan cat waterbase.

Cara membuatnya, awali dengan membuat rancangan susunan bentuk rak tetris yang diinginkan. Pastikan ukuran tiap unit rak agar tidak ada kesalahan bentuk di akhir pekerjaan. Akurasi ukuran tiap unit rak dibutuhkan agar nantinya dapat dibuat berbagai kemungkinan konfigurasi unit-unit rak.

Sediakan satu lembar papan dengan ketebalan 18 mm. potong kayu dengan ukuran sesuai bentuk unit rak yang sudah direncanakan. Sambungkan tiap-tiap potongan kayu dengan bantuan lem dan paku. Pastikan keakuratan siku-siku tetris dengan bantuan jangka sorong.

Dempul permukaan kayu, lalu ampelas hingga diperoleh permukaan yang rata dan halus. Untuk memperoleh hasil akhir yang optimal, lakukan finishing waterbase dengan memakai metode oven untuk mengeringkan kayu.

Untuk sambungan kayu untuk komponen rak, sSetelah unit-unit rak selesai dibuat, cobalah untuk menyusunnya dalam berbagai konfigurasi bentuk untuk memastikan ketepatan ukuran siku-siku. Setelah bentuk dan ukuran tiap-tiap unit sudah dianggap pas, lanjutkan proses pembuatan dengan proses mendempul, lalu gosok dengan ampelas hingga rata. Unit-unit rak yang sudah di cat untuk lapisan pertama dan siap diberi finishing.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini