Share

Begini Cara Ampuh Sembuhkan Panas Dalam

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Minggu 20 April 2014 06:53 WIB
$detail['images_title']
Konsumsi makanan sehat (Foto: Google)

BANYAK pilihan yang bisa ditempuh untuk menyembuhkan panas dalam. Mulai dari perubahan gaya hidup sampai obat antiperadangan.  

 

Dr. Abrijanto SB, dokter umum dan herbal di klinik Icon BSD, Tangerang menjelaskan, dari sekian obat yang bisa kita beli di apotik atau di warung, pola hidup sehat ialah obat panas dalam yang harus dikedepankan semua orang. Hal itu lantaran obat hidup sehat adalah paling tahan lama untuk mengobati sekaligus mencegah panas dalam datang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Makan saja makanan sehat, banyak minum, istirahat yang cukup, itu sudah bisa menjadi obat panas dalam," katanya dalam acara bertema " Jangan Anggap Remeh Sariawan di The Cone F(X), Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Atau pertimbangan lain, karena panas dalam meliputi keluhan sariawan, meriang, perut, dan tenggorokan tak enak, seseorang bisa memakai topikal ataupun obat kumur-kumur, dan antibiotik untuk sariawan.

"Kalau pakai topikal, ya tinggal oles saja pada bagian yang mengalami sariawan," ungkapnya.

Akan tetapi, obat oral ataupun antiradang hampir semua menggangu lambung. Sehingga sebaiknya mengobati panas dalam itu dengan gaya hidup sehat.

"Kalau panas dalam mudah diobati dengan memerbaiki gaya hidup, ngapain kita harus minum obat lagi," tandasnya.

(tty)