Share

Harga Pangan, Kontribusi Terbesar Inflasi

Petrus Paulus Lelyemin , Okezone · Senin 21 April 2014 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 20 973286 LWEoHX4AEH.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat dalam kurun waktu lima tahun terakhir, kontribusi inflasi didominasi oleh kenaikan harga pangan. Produk pangan yang paling tinggu kontribusinya antara lain beras, kedelai dan berbagai jenis bumbu masakan.

"Beras, kedelai dan beberapa jenis bumbu rentan tehadap gejolak. Dalam lima tahun terakhir masing-masing inflasinya sebesar 11 persen untuk beras, tujuh persen kedelai, dan bumbu masakan 21 persen," tutur Gubernur BI Agus Martowardoyo usai menandatangani kerjasama Pokja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di kantor, Jakarta, Senin (21/4/2014)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sedangkan berdasarkan wilayah, Provinsi Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan tercatat menjadi penyumbang inflasi terbesar dalam waktu lima tahun terakhir. Rata-rata ketiga wilayah tersebut menyumbang besaran inflasi di atas sembilan persen.

Agus mengungkapkan, secara menyeluruh tren inflasi menunjukan penurunan selama lima tahun ini. Walaupun terjadi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada tahun kemarin, menurut Agus, Inflasi masih berhasil dikendalikan pada besaran single digit.

"Dalam lima tahun terakhir inflasi berada dalam tren menurun, bahkan masih single digit. Meskipun pada tahun lalu ada kenaikan BBM yang cukup tinggi. Tapi itu masih single digit yaitu 8,38 persen," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini