Share

Ketua BPK Dijadikan Tersangka, Ini Kata JK

Awaludin , Okezone · Senin 21 April 2014 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 339 973620 dTBaaNrpl0.jpg Jusuf Kalla (dok okezone)
A A A

JAKARTA - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo, dijadikan tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hadi dijadikan tersangka terkait kasus dugaan korupsi permohonan keberatan pajak oleh Bank Central Asia (BCA) dalam kapasitasnya ketika menjabat sebagai Dirjen Pajak pada 2002-2004.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, ditetapkannya sebagai tersangka Mantan Dirjen Pajak itu harus diselesaikan ke ranah hukum.

"Masalah hukumlah, kan tidak ada hubungannya dengan BPK, dia ditersangkakan pada saat menjabat di Dirjen Pajak," ujar Jusuf Kalla di acara Malam Anugerah Tokoh Perubahan Republika 2014 di Jakarta, Senin (21/4/2014).

Namun, saat ditanyakan mengenai kenapa seorang pejabat BPK tersangkut kasus korupsi, JK hanya menjawab singkat. "Ya namanya manusia juga ada salahnya," ujar Ketua PMI itu.

Hadi Poernomo ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi permohonan keberatan pajak oleh Bank Central Asia (BCA) dalam kapasitasnya ketika menjabat sebagai Dirjen Pajak pada 2002-2004.

Dalam perkara ini KPK menemukan dua alat bukti yang cukup atas tindakan Hadi, yang telah melakukan perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan wewenang atas permohonan keberatan BCA pada 1999 selaku wajib pajak.

Akibat perbuatannya, dia dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Ndang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini