Share

Minum Madunya, Serap Pelajarannya

Margaret Puspitarini , Okezone · Senin 21 April 2014 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 373 973244 IwceVIJCdn.jpg Tim Lebah Gama UGM. (Foto: dok. UGM)
A A A

JAKARTA -  Sehari-hari, madu menjadi salah satu sumber nutrisi yang berguna bagi manusia. Siapa sangka, proses pemanenan madu juga memberi kita banyak pelajaran.

Inilah yang menjadi simpulan penelitian Tim Gama Lebah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melalui survei ke peternakan lebah di Desa Mangunan, Bantul. Tim yang dinyatakan lolos dalam PKM-M UGM 2014 itu melakukan survei bertajuk "Madu Mawon (Mangunan Dusun Mangun Tawon): Pemberdayaan Lingkungan melalui Ternak Lebah dan Penanganan Produk Lebah secara Intensif untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dusun Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul."

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam survei tersebut, tim yang beranggotakan lima mahasiswa itu menggandeng Koordinator peternakan lebah di Dusun Mangunan, Teguh. Adapun anggota Tim Gama Lebah ialah Pranedya Atria, Siti Mariyam, Catur Setyo Budi, Farida Rahmawati (Fakultas Teknologi Pertanian), dan Ridwan Ahmad (Fakultas Peternakan).

Dalam survei kali ini, mereka melakukan sharing pengalaman terkait pemanenan ratu lebah, produksi lebah per bulan, dan kondisi sarang lebah. Selain itu yang terpenting ialah belajar bagaimana cara memeras sarang lebah yang akan menjadi madu dengan cara tradisional.

"Sedikit berbeda dari survei-survei sebelumnya. Kali ini kami ingin tahu bagaimana memeras sarang lebah dengan menggunakan kain secara tradisional yang nantinya akan kita ganti mesin ekstraktor, yaitu alat pemeras madu secara mudah dan akan dimulai minggu berikutnya," ujar Siti Mariyam, seperti dikutip dari situs UGM, Senin (21/4/2014).

Dalam survei yang dilakukan pada 17 April lalu, Tim Gama Lebah UGM bersama Teguh yang telah 40 tahun bergelut di bidang budidaya lebah mengambil ratu lebah dan memindah sarang yang tumbuh alami langsung di sekitar hutan dekat Desa Mangunan. Pengambilan dan pemanenan ini dilakukan secara manual dan tanpa perlindungan apa pun.

"Awalnya saya sempat takut karena banyak lebah yang beterbangan, akan tetapi saya tetap berpikiran lebah tidak sejahat yang saya bayangkan. Mereka tidak akan mengganggu jika tidak diganggu," paparnya.

Awalnya, kata Siti, sarang lebah diambil dan dimasukkan ke dalam stup, tempat berbentuk balok yang terbuat dari kayu pinus yang digunakan untuk sarang lebah. Setelah itu, lebah pekerja diarahkan masuk ke stup dengan menggunakan tangan secara pelan-pelan. Sambil dicari sang ratu lebah yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dan berwarna yang lebih coklat. Selain itu, lanjutnya, ujung ekor ratu lebah lebih meruncing.

Setelah ratu ditemukan, ia dimasukkan ke dalam tempat khusus yang telah disiapkan. Ratu dalam tempat ini turut dimasukkan ke dalam stup. Kemudian stup dibiarkan di tempat semula selama tiga hari. Selama waktu itu pula ratu lebah mendapat makanan dari lebah pekerja.

"Ya, kami pun bisa belajar dari peristiwa ini. Peristiwa ini bisa menjadi teladan, dalam kondisi apapun rakyat harusnya patuh kepada pemimpin selama pemimpin itu tidak menjerumuskan dalam keburukan," imbuh kandidat Mahasiswa Berprestasi UGM 2014 itu.

Ridwan menambahkan, survei di Desa Mangunan dilakukan di 15 kelompok peternak lebah. Bahkan perjalanan cukup menantang, hingga melewati semak belukar dengan tinggi mencapai satu meter.

"Di setiap tempat kami langsung mengamati keadaan sarang yang sudah berhasil diisi lebah. Dari 13 stup atau sarang lebah, delapan di antaranya sudah terisi. Sarang selebihnya masih dalam tahap pemasukan lebah yang baru. Kami berharap dari upaya penelitian ini nantinya mampu memberi peningkatan usaha madu di Mangunan," papar Ridwan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini